Yahoo Messenger di HP

Bingung karena akses YM di kantor diblokir? Yang versi web juga? Atau lagi jalan-jalan tapi ada teman ngajak chatting di YM? Solusinya adalah YM lewat HP. Pertama bisa pakai SMS. Ketika masih online di PC, jangan sign out. Tapi pilih menu ‘Sign in to Mobile Device’. Anda nanti akan diminta untuk mendaftarkan lebih dulu nomor seluler Anda. Kalau sudah sign in menggunakan HP, di YM milik teman Anda akan muncul ID Anda sedang online dengan status ‘I’m on SMS’. Teman Anda dapat langsung mengirim pesan ke Anda dan pesan tersebut langsung terkirim ke HP Anda berupa pesan SMS. Sekali kirim maksimal 160 karakter karena dikirim berupa SMS. Dan kelemahannya, kalau kita membalas pesan tersebut, artinya kita akan mengirim pesan SMS ke Yahoo! dan kita akan terkena charge SMS internasional sebesar Rp.500,- (umumnya segitu). Nah, kalau tidak mau kena charge SMS, masih ada alternatif lain.

Kita bisa mengakses YM melalui WAP. Bukalah WAP browser atau browser internet di HP Anda. GPRS Anda tentunya sudah harus aktif (kalau sudah pakai MMS berarti sudah aktif). Kemudian buka alamat http://m.yahoo.com. Pilih link ‘Messenger’ (ada juga link Mail untuk mengecek email Yahoo Anda melalui HP 🙂 ). Saat diminta untuk sign in, masukkan Yahoo!ID dan password seperti biasa. Setelah itu akan tampil menu-menu untuk melihat daftar teman yang online (ditampilkan per group juga) atau mengecek pesan yang masuk. Jadi kelemahan YM via WAP ini adalah kalau ada pesan masuk tidak langsung muncul, melain kita harus cek dulu, refresh page, setiap saat. Jadi memang lebih efektif untuk chatting yang intensif, yang hampir tiap saat ada balasan.

Untuk mengirim pesan, masuk ke salah satu group atau View All Friends untuk memilih salah satu teman yang ingin dikirimi pesan. Setelah dipilih, akan muncul lagi menu untuk membuat pesan (Compose Msg). Ketik pesan yang akan dikirim dan pilih Send. Pesan akan langsung terkirim ke teman kita. Dan kita bisa langsung cek balasannya di Check Msg. Saat login melalui WAP ini, di YM milik teman kita akan muncul nama kita sedang online dengan status ‘I’m mobile’ dan teman kita dapat mengirim pesan ke kita seperti biasa. Kalau ada pesan masuk pun di WAP nanti juga langsung ada pilihan untuk langsung Reply. Cukup enak untuk yang mau ber-YM ria sementara berada di tempat yang tidak ada koneksi internet.

68 Komentar to “Yahoo Messenger di HP”

  1. Iya, lumayan praktis pake YM di WAP. Selain itu biaya akses dapat dikatakan murah dibanding SMS…paling kita dikenai biaya perKB…
    Lebih murah lagi memakai browser selain dari HP, misalnya operamini. untuk kelemahannya, ya itu pesan tidak langsung tertampil(harus ngecek dulu) alias tidak real time…

  2. memang sepertinya lebih cocok untuk chatting yg udah janjian. jadi bisa dipastikan balasannya relatif cepat. dan mesti siap2 juga kalo temen chatting-nya pake komputer. bakal kewalahan karena kecepatan ngetiknya kalah cepat 🙂
    kalau pingin chatting YM real time tapi tetap cuma kena biaya gprs, mesti pakai aplikasi. misalnya agile messenger yg berbasis symbian. sayang agile sepertinya sudah tidak gratis.
    saya sendiri sekarang di kantor juga sedang mengembangkan mobile messaging berbasis gprs. hanya saja kami menggunakan server sendiri, jadi tidak melalui yahoo. rencananya kami akan merilis itu free untuk umum alias gratis. user hanya tinggal download aplikasi via wap, aplikasi udah bisa langsung terinstall sendiri. setelah itu mereka mesti register dulu untuk mendapatkan username dan password untuk login.

  3. wa lumayan nih…
    udh tau jg sih dari dulu.. cuma pas lagi nyari di google, jd inget pengen nyoba lagi.. hihi ^_^

    trims ya

  4. sama2… semoga infonya bermanfaat…

  5. Perkenalkan Nama saya Jos, saya mau nanya. Bagaimana cara sign off YM di HP?? atau cara mengaktifkan invisible YM di HP?

    Terima kasih

  6. apa bisa sms mesenger lwt hp tp pake card Indosat

  7. ngapain repot repot browsing n ngefresh terus ,mending pakai IM2 mobile. di jamin dech bisa chat yahoo messenger layaknya di pc. otreee . sukses

  8. mendingan pake agile messenger kalo mau ym-an di hp

  9. ym bsa di download di hp g?
    jd ym itu sudah ada lgsung fasilitasnya di Hp
    kyk ym di komp tu
    kan tinggal sign in ajah
    g usah browser dulu.
    thx.

  10. wah rint , blog kmu no 1 di google aq iseng2x browsing
    dengan kata kunci ‘chat mobile yahoo messenger gprs’ dari dari 170.000 web yg tampak selamat deh ha2
    pa kabar neh ?

    seeget’ pd97

  11. coba pake YEHBA…..chat bisa pake YM sama MSN..
    trus,klo temen kita off..kita tinggal kirim sms pake yehba juga,harganya di hitung per KB.lebih murah kan???

    dan enaknya lagi..bisa share foto juga loh..cepat prosesnya and softwarenya gratis tis tis….

    alamatnya di http://www.yehba.com

  12. wah.. hmm klo buat pda merek o2 ada gak ya..
    tau maunya lsg dlm bentuk program gt,gak mau sign in lewat web gt..
    klo ada yg tau ksh tau dunkkk..
    tq b4

  13. Eh. Kalo aplikasi ym yang lngsng bisa dipake di mobile, ada kan. Mirip persis sama yg d pc. Gimana tuh caranya? Bagi2 ke saya dong.

  14. chatting di HP pake aja slick donlod di http://www.lonelycatgames.com di slick ada fitur yahoo, msn, mirc dan ada iconnya lengkap seperti yahoo di pc dan lain-lain gratis lagi semoga bermanfaat

  15. kita tungguin rinto buatan aplikasi chattingnya, gw cuma konsumen ga bisa berbuat apa2 dech, jadi gw cuma tau embat asalkan free hehehehe

  16. Ada YM versi java buat hp… itu sama kaya YM di pc en refresh otomatis, bisa juga sign in invisible.. coba aja buka situs YM. gratis ko.

  17. Kalau sekarang saya pakai YM Tiny. Udah keburu ada orang lain yg duluan bikin. Sama2 bikinan anak bangsa dan sudah stable pula rupanya. Good job! Download di http://www.orisinil.com/ymtiny

  18. Pake aplikasi YM for mobile ajah, bisa didownload langung di handphone.

  19. Aplikasi Yahoo Messenger di HP buatan Indonesia ada 2: YM Tiny dan YMess. Dua-duanya ada di blog saya, silahkan bila ada yang berminat:

    Aplikasi HP Gratis (Java): YMTiny – Yahoo Messenger J2ME di HP – YM Tiny


    dan

    Aplikasi HP Gratis (Java): MobyExplorer3, Opera mini, YM, GTalkMobile, Kalkulator, Chat Lewat Bluetooth, Halal Guide

    Terima kasih buat pak moderator

  20. wah boleh juga tuh 🙂 tengkyu mas

  21. IM+ All-in-One Mobile Messenger
    Chat with IM+® All-in-One Instant Mobile Messenger within AIM®/iChat, MSN®/Windows Live™ Messenger, Yahoo!®, ICQ®, Jabber®, Google Talk™ and MySpaceIM in real-time.

    Download Full : http://w15.easy-share.com/1699592859.html

  22. thanks infonya bang salam kenal 😀
    btw nama saya juga rinto lho

  23. Pake ini aja terbukti ampuh :

    AgileMessenger : http://www.agilemobile.com
    eBuddy : http://www.ebuddy.com

    Udah coba yang lain, tapi cuma 2 ini yang menurut saya OK punya. Agile jauh lebih bagus dari lainnya, karena udah bisa kirim picture & voice. Bayar lewat SMS Premium 10rb sebulan OK lah.

    ebuddy gratis & bisa diandalkan, cocok untuk hp yang storage-nya kecil. tapi fiturnya tidak selengkap agile

    Untuk YM-an nggak perlu 3G, 3.5G apalagi 4G. GPRS dah sangat memadai. GPRS yang paling murah pilihannya :
    – IM3 : Rp. 1 / KB
    – StarOne (paket, kalo gak salah ada 3 macam paket)
    – Matrix (paket 50rb 50MB, 100rb 250MB, dst)

  24. hai bro, aku bingung nih, waktu aku coba pilih menu ‘Sign in to Mobile Device’ trus daftar nomor seluler. nah, aku tuh klik “mark” pada otomatis sign in klo YM computer sign out, tu gmn ya biar aku ga otomatic sign in lagi…? thanks

  25. waoh mantaps nih infonya,

    thanks ya bro!!

  26. Aps sign in YM di hp gak rentan terhadap virus yang bisa berakibat ke hp.trims…
    tolong bls scepatnya ke email sy.

  27. jossssssss.markojoss?????????????? 😆

  28. pakai e buddy aja, simple dan gak ribet. tampilannya pun enak dilihat

  29. jadul banget…di hape2 tipe baru udah ada IM tingal diseting doang berdasarkan operator..klo mo chat murah chat aja di mig33 dan nimbuzz apalagi kartu yang lo pake im3 berjam2 chat paling cuman kena serebu perak…..aplikasinya lo donlot aja di getjar.com gampang kan

  30. @hendra..
    wkt ol ym di pc, masuk ke preferences (Ctrl+shift+P) di category general, tanda centang di always signing in to mobile devicenya dihilangkan aja..
    klw sudah tiap signout dari ym di pc, bisa sign in to mobile device (Ctrl+Shift+D) atw gak langsung keluar aja tanpa sign in ke mobile device..(Ctrl+D)
    smoga bermanfaat..

  31. Mas klu mw download yame gmna sih,aq gk tw crnya,maklum msh gaptek neh,hehe

  32. Klo chika mo download program ym buka aja situs ini http://www.getjar.com/. tinggal pilih merek dan seri HP kamu untuk menyesuaikan program YM mana yang cocok, sukses ya!

  33. coba pake shmessenger dech.. nggak perlu refresh2 segala.. tapi cuma perlu daftar di web nya..

    program dan daftar bisa di
    http://www.shmessenger.ro

    • thnx atas infonya
      saya lagi coba shmessenger … udah diregister… saat diconnecting-kan .. sepertinya alami trouble …. muncul tulisan …
      java.io.IOExeption:SymbianOS error = -5120 : Internet: Could not find specified Internet server …..
      mohon penjelasannya, apa masalahnya dan apa yang harus saya lakukan ..
      thnx sebelumnya

  34. gimana sih cara bikin mobile ym pake nomor baru. kemaren pake nomor A dah aktif, trus HP nya hilang, trus mau buat lagi pake nomor B, gak bisa gimana cara gantiin nomor A ke nomor B? ada yg bisa bantuin gak? thanks

  35. saya coba dulu yah bro..:)

  36. waduh mana tuh semua yang paling oke kasih saran dooonng..,agile, ym, sh, ebuddy,..ata yang lain.

  37. thanks infonya.. . sangat bermanfaat

  38. mas, numpang nyak. bisa ngak kamera hp di jadikan cam kaya comp waktu kita chaat.? sya skarng pake app slick untuk chaat. thanks

  39. Ada lagi cara yang lebih cepat dan hemat, pake MORANGE V, udh terbungkus rapi beserta chat2 lainnya, murah lagi, kalo pake wap, umumnya muahall bnaget (udh pernah nyoba). hehehe…coba aza.

  40. mas numpang nanya…kantor temen gi ada masalah mail server :
    – mail server nya pake mdaimon, dengan system jaringan Firewall (linux Redhat 9) -> mail server nya pake windows 2000..
    – yang jadi masalah ketika mengirim mail ke blackbery terkadang sering eror, ga terkirim, tapi setelah direfresh bagus, setelah itu terkadang eror lagi,
    – mohon masukan, kira2 system yang eror dimana ya, apakah firewallnya kah? kira2 gimana solusinya? tx,,…
    – awal setting ga masalah, terakhir mulai timbul trouble sekitar awal 2009 tadi,
    tx atas masukan dan solusi yang diberikan,
    tx alll

  41. boz, tolong bantuan nya ya??
    HP saya sony ericson M600i, saya udah coba ber kali0kali msaih gagal juga, pdahal :

    1. GPRS saya aktif
    2. Pulsa ada.

    trus saya juga sudah coba online dr Hp, yg td di bilangin, klo org ngirim pesan bisa timbul lwt sms, tp kok g bisa-bisa.

    saya udah hampir nyerah nich, jd tolong bantu saya, biar saya bisa main YM lewat HP saya,
    sugarasky@yahoo.com

  42. boz, tolong bantuan nya ya??
    HP saya sony ericson M600i, saya udah coba ber kali0kali msaih gagal juga, pdahal :

    1. GPRS saya aktif
    2. Pulsa ada.

    trus saya juga sudah coba online dr Hp, yg td di bilangin, klo org ngirim pesan bisa timbul lwt sms, tp kok g bisa-bisa.

    saya udah hampir nyerah nich, jd tolong bantu saya, biar saya bisa main YM lewat HP saya,
    sugarasky@yahoo.co.id

  43. mas,tolong donk.HP GSM q Sony Ericson J230i.pake kartu simp…………bisa gak ya aq aktifkan YM di HP q.tolong yaaaaaaaaaaaaaaaa.thx

  44. trus rinciin ya gmn cara nya.ok

  45. thanks mas, artikelnya membantu saya yg lagi buntu mecahin masalah YM Tiny yg ngak mau jalan dgn jaringan indosat 3G krn portnya 5050

  46. haduuh, w mw download YM bwd di hp w.
    tp gmn sih cara’y? and dmn situs’y?

  47. kalo ada aplkasi hp yg br tlng krimkan ke emailq ya……, mkch….

  48. Aku terkesan dengan shMessenger melihat teman ak berbagi chatting dengan mudah sesama teman.

  49. emang koneksi lebih cepat via wap, tapi gak efisien kalo harus refresh terus broo hehehe..
    salam kenal ya.. mantep pk slick atau shmessenger

  50. ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈ ░█░░░█░█░▄▀░█▀▀░░░░▀█▀░█░█░█░▄▀▀░ ░█░░░█░█▀░░░█▀░░▄▄░░█░░█▀█░█░░▀▄░ ░█▄▄░█░█░▀▄░█▄▄░░░░░█░░█░█░█░▄▄▀░ ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻

  51. bos,, aplikasi yang untuk hp gak ada ya?

  52. msh ga ngerti nich klo dr samsung coz ga kebuka2 YM saya..

  53. omm,tulung bantu ia hp samsung saya tipe champ wat YM ko ga bisa2 ia om..
    tiap masukin kata sandi,ga bisa tp klo dr komputer baru bisa saya..
    kan pngen yg praktis2 om biar klo kmna2 YM saya ttp aktif,thank’s ia om..

  54. to alvie
    klo aplikasi YM di samsung champ memang ngak bisa kebuka… kita harus bawa ke service center dulu.. tp klo masih mau tetap YM an.. terpaksa masuk di aplikasi google….

  55. maaf numapng nnya donk klo cara matiin ym yg nyambung’a brupa sms biasa gimna ia ??

    udh d’apus nd diptus smbung’a msih ttep aja bsok’a k’smbung mulu

    mksihh

  56. kalo supaya ym di hape gak online gimana yaaaah? jadi online nya di pc ajah

  57. mask biayanya 500……klu 10 sms balasan ya tekor aku,,,,,apalagi tiap hari

  58. Mau nanya ni all…
    saya make YM pake HP tapi YM saya itu uda di hack ama orang lain,nah saya sekarang mau log of dari hp.saya gimana caranya ? dan ada yg tau gak gimana cara ngambil email saya selain make lupa pasword? atau ada yg tau kantor atau no telp yahoo ?

    Saya newbie banget ni,para senior tolong bantuannya ya … 🙂 Thanks sblumnya…

  59. yah belum ada balesan sama sekali uda 3 hari … 😦
    ayo dong kk yg ngerti tolong koment 🙂

  60. Bagaimana cara ikut chat melalui handpone

Tinggalkan komentar