Akses FTP menggunakan Windows Explorer

Layanan hosting biasanya menyediakan akses FTP untuk memudahkan upload file. Memang kebanyakan hosting saat ini yang menyediakan fitur cPanel juga menyediakan fasilitas File Manager yang juga mudah digunakan untuk mengupload file. Bahkan tersedia juga fitur untuk edit file dengan mudah. Hanya saja, upload file menggunakan File Manager di cPanel menjadi kurang praktis kalau harus mengupload file dalam jumlah banyak. Untuk itu akses FTP menjadi sangat vital.

Dengan akses FTP kita bisa mengupload, download, replace dan rename file dengan mudah. Para webmaster biasanya menggunakan software FTP tersendiri untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Apalagi software FTP yang freeware juga banyak tersedia di internet dan bisa didownload dengan mudah karena ukurannya juga tidak terlalu besar (di bawah 3MB). Seperti Core FTP Light Edition yang biasa saya gunakan.

Hanya saja untuk pengguna awam, software FTP mungkin terlalu sulit digunakan. Sehingga solusinya adalah dengan menggunakan Windows Explorer yang tentunya sudah tersedia di versi Windows manapun. Selain tidak perlu download dan install software baru, FTP menggunakan Windows Explorer tidak memerlukan setting khusus. Apalagi keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Cukup dengan membukan jendela Windows Explorer yang baru, kemudian di address bar ketikkan :

ftp://username:password@ftp.namadomain.com

Username, password dan alamat FTP (setelah karakter @) bisa didapat dari penyedia hosting. Biasanya username dan password sama dengan yang digunakan untuk login ke cPanel. Dan alamat FTP sama dengan nama domain yang kita punya ditambahi ftp di depannya. Setelah kita mengetikkan alamat tersebut di address bar, Windows Explorer akan menampilkan struktur folder yang sama persis dengan di File Manager cPanel. Dan untuk download/upload kita tinggal melakukan drag & drop seperti kita menggunakan Windows Explorer biasa. Selamat mencoba!

9 Komentar to “Akses FTP menggunakan Windows Explorer”

  1. seep, keren mas baru tah neh, makasih yah

  2. Sama2… Semoga bermanfaat🙂

  3. makasih mas. jadi dong ni pala. belum jelas bener sih tapi jadi ngerti gitu

  4. yup thank you jdi ngerti neh nyambung http://ftp... sekrang kalau kita mau jadi server ftp gmn ya??

  5. supaya komputer kita bisa jadi server ftp, kita harus instal software server ftp. ada banyak software ftp server untuk windows yg ukurannya tidak terlalu besar dan freeware. bisa dicari di google dgn keyword ‘ftp server’. yg dulu pernah saya pakai namanya FTPServU kalo nggak salah.
    disarankan untuk berhati2 setelah menginstal ftp server di komputer kita. pastikan ftp server tersebut hanya aktif ketika digunakan (ada yg hendak mengakses). karena kalau dibiarkan aktif terus, sama saja membiarkan komputer anda terbuka untuk bisa diakses semua orang dan bisa menjadi pintu untuk virus masuk dan mengganggu komputer anda.

  6. thank’s mas…
    ini nech yg saya cari dari dulu…

  7. Mas saya mau upload via control panel. sudah coba tetapi masih salah di username & password. saya pake username & password utk login ke blog, tapi salah. lalu gimana…? bingung nih..he2..dibantu ya. thx..

  8. wah… agak susah juga ngejelasinnya kalau informasinya masih belum lengkap. karena saya nggak tahu ini pake hosting apa. mestinya bisa ditanyakan langsung ke penyedia hostingnya. btw, ini maksudnya bukan blog yg di wordpress ini, kan? karena setahu saya wordpress tidak menyediakan akses upload melalui FTP. karena dia hanya penyedia blog dan bukan penyedia hosting.

  9. gimana, cara logout-nya mas? Kalo udah ftp lewat http://ftp.namadomain.com?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: