Mengoptimalkan Komputer

Entah karena irit atau memang pelit, yang jelas dulu saya sering malu kalau mau minta duit buat upgrade komputer. Akhirnya kreatifitas pun seringkali muncul untuk mengatasi keterbatasan hardware. Saat teman-teman lain sudah punya komputer berpentium-pentium, saya masih pakai 486DX4. Sewaktu sudah ada yang pakai Pentium III, saya masih pakai 166MMX. Itu juga dulu terpaksa ganti karena motherboard yang lama terbakar. Sampai hampir Tugas Akhir saya pakai itu dengan susah payah mengerjakan tugas-tugas yg berat (maksudnya berat kalau dijalankan di komputer).

Tapi bukannnya saya menyerah dengan keterbatasan tersebut. Saya akhirnya cari cara untuk meningkatkan performance tanpa harus keluar duit banyak. Pilihan jatuh pada upgrade memory. Mungkin juga hasil kuliah juga, ya, saya kemudian berkesimpulan kalau upgrade memory akan meningkatkan performance. Karena kapasitas memory yang besar akan memperbanyak pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh prosesor.

Tapi saat itu yang saya sasar sebenarnya bukan memory RAM dulu, melainkan memory cache. Itu adalah memory antara prosesor dan RAM sebagai jalur transfer data antara keduanya. Saya berpikir, kalau jalur itu diperbesar kapasitasnya, maka akan melancarkan jalan antara prosesor dan RAM. Namun sayangnya, yang namanya memory cache sampai sekarang tidak ada yang jual. Akhirnya yang saya ganti memory RAM. Dan benar saja, dengan memory RAM sekitar dua kali dari yang biasa dipakai, performance komputer jadi semakin meningkat. Dan rumus itu berlaku sampai sekarang. Jangan percaya sama kapasitas RAM standar dari komputer yang baru dibeli. Upgrade memory selalu berhasil meningkatkan kinerja komputer. Seperti laptop yang saya gunakan saat ini, dengan Pentium III-600, RAM saya upgrade jadi 256MB dari sebelumnya hanya 128MB. Dan hasilnya benar-benar bisa bikin lebih nyaman berkomputer.

Optimalisasi komputer lainnya tentu dari setting Windows. Pernah bertahan menghindar dari XP dan menggunakan Windows 2000, akhirnya menyerah juga dan sekarang selalu ber-XP ria. Tentu, selama masih belum cukup kocek untuk bisa punya hardware yang mumpuni, XP selalu saya setel minimun. Klik kanan di My Computer, pilih Properties. Klik tab Advanced, pilih ‘Adjust for better performance’. Tampilannya sih jadi balik kaku seperti Windows 98, tapi kecepatannya jadi lebih wus-wus, kan… .

Pilihan optimalisasi lain, banyak. Setiap install ulang, saya selalu melakukan ini lebih dulu begitu instalasi XP selesai. Pertama, mematikan Automatic Updates. Fitur yang tidak terlalu berguna ini, apalagi untuk pengguna Windows kopian, akan cukup mengganggu karena selalu memakan resource komputer untuk selalu mengecek update terbaru. Cara mematikannya mudah, tinggal klik dua kali di gambar tameng merah di pojok kanan bawah. Lalu pilih ‘Turn off Automatic Updates’. Kalau yang ingin lebih advanced, buka Control Panel > Adiministrative Tools > Services. Klik dua kali service Automatic Updates. Ganti pilihan automatic menjadi manual dan jangan lupa klik Stop sebelum klik OK. Automatic Updates tidak akan muncul lagi.

17 Komentar to “Mengoptimalkan Komputer”

  1. kasi tutor lengkap optimalisasi komputer donkkkk

  2. tolonging dong mas… kirimin saya tips untuk mempercepat kinerja xp saya yang makin lemot… pesiiiiiiiiiing eh!salah! pusiiiiiiiiiing pleaze (dbuoch3@telkom.net)

  3. om tutorialnya donk, kom aq baru diinstal xp dan dikasih anti virus udah lemot bangetzzz

  4. Tips yang bagus, berguna bagi orang lain.
    Makasih.

  5. Halo mas salam kenal, sekalian mau tanya, klo komputer suka mati sendiri kenapa yah? padahal sebelumnya ga ada masalah.
    Kapasitas Hardisk masih banyak yang kosong memori juga cukup kayaknya.
    Spek komputer saya: Processor Pentium IV 3.0 Ghz, Motherboard Asus (tipenya ga tau), hardisk 160 GB (keisi setengahnya), memori 1 GB, vga onboard.
    Kemungkinannya kenapa yah? klo ada waktu tolong di jawab yah. Thanks.

  6. Kalau suka mati sendiri, kecurigaan pertama saya adalah virus. Saran saya, lakukan update pada antivirus yg ada dan lakukan pengecekan menyeluruh. Kalau antivirus dirasa kurang bagus segera ganti yg baru. Saya merekomendasikan mcAfee atau Norton Corporate Edition Client. Kalau masih bermasalah juga, periksa msconfig di bagian startup, siapa tahu ada virus yg nyelip di situ.

  7. aq maw tanya gimana ya caranya mengoptimalkan komputer

  8. mas tanya dong,minta optimalisasi di registry yang sangat optimal.sama fungsi di ms config buat apa aja sih????????

    makasih banyak ya mas .kalo sempet minta dibalas ya

  9. Kalau saya sendiri sebenarnya jarang utak2 registry. msconfig juga paling cuma buat menonaktifkan aplikasi2 yg jalan saat startup. kalau mau mengoptimalkan komputer dengan gampang, saya pernah coba satu aplikasi yg menurut saya cukup bagus untuk mengoptimalkan setting2 atau fitur2 yg ada di windows. namanya TuneUp2007. dengan aplikasi itu kita bisa membetulkan registry yg error, mematikan fitur2 yg tidak perlu atau menyetel fitur2 windows yg digunakan. sehingga penggunaan resource (prosesor dan memori) komputer kita pun optimal dan bisa lebih meningkat performanya. utak2 registry dengan menggunakan aplikasi juga akan meminimalisir error yg mungkin muncul kalau kita salah mengedit registry.

  10. Hmm..Sebenarnya kalow buat “experience for user” atow bisa dibilang wat menambah wawasan user masalah begituan gak perlu pake software optimisasi kaya tune up,AVSO,dsb.Buat pengguna Xp ada kan di system tools n macem2 kayak Defragment disk,Scanner,dsb.Malah lebih praktis meskipun ga’ terlalu expensive namun bisa dihandalkan.Buat keamanan pake Antivirus yang enteng tapi handal kayak Mcafee bagus buat kompi sendiri.Thanks

  11. terima kasih bro atas informasiny semoga komputer gw bisa lebih optimal lagi dari sebelumnya

  12. mas ada lg g cara mudah mengoptimalkan komputer y g bisa dimengrti secara cepat????????? al na yg mas kasi tw to susah_susah gampang???? jd mw na yg gampang2 aja ada g yyyyyyyyy???

  13. Ini ilmu yang sangat berguna berguna buat kau pas2an seperti sy.

  14. Bacaan yang bagus.
    trims numpang lewat

Tinggalkan Balasan

