Font Windows di Ubuntu

Ketika pertama menggunakan Ubuntu, awalnya saya agak merasa aneh melihat website-website yang saya buka. Tidak seperti ketika di Windows, tampilannya seperti kurang indah dan kurang proporsional. Setelah diamati barulah saya sadar kalau website-website tersebut memang didesain menggunakan font-font yang biasa ada di Windows seperti Arial, Verdana, dll dan tentunya tidak ada di Linux karena mereka adalah milik Windows. Walaupun begitu, untungnya sekarang sudah ada orang yang membuat software untuk menginstall font-font standar Windows tersebut. Selain itu juga kita bisa juga menambahkan font-font Windows yang lain yang berformat standar TTF (True Type Fonts).

Untuk menginstall font standar Windows menggunakan command line (terminal) :

apt-get install msttcorefonts

Setelah itu font-font tersebut sudah bisa langsung digunakan. Sementara itu jika kita punya font-font TTF yang lain kita juga bisa menginstallnya dengan membuka file browser, misalnya Nautilus, sebagai administrator. Kemudian ketik address:

fonts:///

Perintah tersebut akan membuka folder penyimpanan font seperti C:\Windows\Fonts kalau di Windows. Untuk menginstall, file-file TTF tinggal dikopi ke folder tersebut.

Tag: ,

2 Komentar to “Font Windows di Ubuntu”

  1. Mas Rinto, salam kenal, saya Oman, baru seminggu beralih dari Windows ke Ubuntu, sangat menarik dan menantang. Saya mau tanya: dalam system saya kok tidak ada directory FONTS:/// seperti dijelaskan di atas, jadi saya tidak bisa ikuti terus petunjuk instalasi fontnya. Mohon pencerahan, terima kasih. email saya: omanwae@gmail.com

  2. Kok font segoe UI waktu saya kopi kesono jadinya cuma kotak-kotak semua ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: