PhoneGap di dalam NetBeans IDE 7.4 Beta

Beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah tautan ke sebuah artikel yang mengatakan bahwa NetBeans sekarang mendukung secara resmi framework PhoneGap. Dengan demikian kalau kita ingin membuat sebuah aplikasi mobile berbasis PhoneGap dan HTML5 kita bisa dengam mudah membuatnya di NetBeans. Tinggal pilih template PhoneGap dan kemudian mengembankan halaman-halaman HTML yang kita inginkan dalam IDE tersebut, lalu proses build yang biasa kita lakukan untuk pengembangan aplikasi lain di NetBeans juga bisa untuk aplikasi mobile berbasis PhoneGap.

Meskipun baru tersedia dalam NetBeans IDE versi 7.4 rilis Beta, namun fitur ini sudah layak dicoba. Saat mencobanya saya merasakan kemudahan dalam memulai membuat aplikasi dengan PhoneGap. Kalau sebelumnya kita harus membuat template-nya lebih dahulu menggunakan Command Line maka sekarang semua sudah bisa langsung dilakukan di dalam IDE. Selain itu kita juga bisa meninjau terlebih dahulu hasil pemrograman HTML kita dalam jendela Web Preview yang juga tersedia di dalam IDE. Atau kita juga bisa langsung mengirimkannya ke perangkat ujicoba dengan metode debug.Sangat mudah.

Bagi programmer aplikasi mobile atau programmer web yang ingin mencoba menjadi programmer mobile menurut saya akan sangat terbantu dengan adanya dukungan PhoneGap di dalam IDE seperti ini. Bagi yang ingin mencoba silakan mengunduh NetBeans 7.4 dan mencoba membuat aplikasi mobile sendiri. Jangan lupa berbagi pengalamannya, ya.

2 Komentar to “PhoneGap di dalam NetBeans IDE 7.4 Beta”

  1. Baru tau ? hha kasian !

  2. There are some old gems, “Anything extreme is bad” and “Never do anything with others which you don’t like to happen with yourself”. But when emotions Click https://twitter.com/moooker1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: