Bagaimana Memulai Belajar PHP

Saya sering menemukan pertanyaan di forum-forum yang menyatakan ingin belajar di PHP dan menanyakan bagaimana caranya memulai dan melakukannya dengan terstruktur dan sistematis. Kebanyakan programmer PHP yang merespon pertanyaan tersebut kurang bisa memberi jawaban yang mudah untuk diikuti karena biasanya programmer PHP yg sudah berpengalaman bertahun-tahun pun awalnya memulai dengan otodidak dan tidak terstruktur. Untuk itu saya mencoba menulis beberapa langkah sederhana versi saya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Semoga bisa diikuti dengan mudah:

  1. Mulailah dengan meng-install web server di komputer. Kalau Anda menggunakan Windows bisa mencoba XAMPP, WAMP atau yg IIS+PHP.
  2. Buat satu file berekstensi .php, contohnya coba.php, di folder htdocs (atau sesuai web server yang Anda gunakan) dan tulis satu perintah sederhana seperti <? echo "hello world"; ?>.
  3. Buka browser di komputer Anda dan ketik alamat http://localhost/coba.php untuk melihat tulisan “hello world” tampil di browser tersebut.
  4. Selanjutnya Anda akan merasa senang karena telah berhasil menjalankan kode pemrograman pertama Anda di PHP dan Anda akan merasakan sendiri bahwa PHP itu mudah.
  5. Berikutnya Anda akan memahami bahwa perintah echo adalah berfungsi untuk menampilkan teks di browser. Dengan demikian Anda bisa mencoba-coba sendiri mengganti tulisan “hello world” dengan kata-kata lain, seperti “saya ganteng” dan melihat hasil perubahannya di browser setelah me-refresh halaman tersebut.
  6. Selanjutnya Anda bisa mengunjungi situs php.net di URL http://php.net/manual/en/langref.php untuk melihat-lihat fungsi-fungsi yg lain dan mencobanya satu-persatu. Di bagian Basic Syntax anda bisa menemukan penjelasan tentang aturan dasar pemrograman di php dan cara penulisan perintah echo seperti yg baru saja Anda lakukan.
  7. Atau kalau Anda sama sekali belum memahami konsep pemrograman, Anda harus pelajari dulu fungsi-fungsi dasar pemrograman di bagian penjelasan mengenai Types, Variables, Constants, Operators, Control Structures dan Functions.
  8. Jangan keburu takut melihat banyaknya materi yg harus dipelajari. Tiap-tiap bagian bisa langsung dicoba tanpa harus membaca semua materi sampai selesai. Anda bahkan sudah bisa membuat sebuah aplikasi web yg bagus tanpa harus menguasai semua syntax PHP tersebut.

Selamat mencoba!

3 Komentar to “Bagaimana Memulai Belajar PHP”

  1. nahh jadii giman gan biarr tauu strukturalnya belajarr php,,, cz bingung juga tuhhh,,,,,otaknya udahh acak acakann gag terstukturrrr

    • kalau menurut saya, pemrograman terstruktur itu cuma masalah logika pemrograman saja. artinya kalau mau bikin program yg terstruktur dengan bahasa apapun, sebelumnya sudah harus bisa menyusun alur program tersebut dengan benar. contohnya, saya ingin membuat program untuk menampilkan deret bilangan prima antara 1 sampai 10. berarti logikanya, pertama saya harus mendapatkan angka antara 1 sampai 10 satu persatu. caranya berarti menggunakan loop dari 1 sampai 10. kemudian saya harus mengecek satu persatu apakah angka yg didapat itu merupakan bilangan prima. berarti saya harus menerapkan rumus pengecekan bilangan prima di dalam loop tersebut. jika memenuhi ketentuan bilangan prima maka bilangan tersebut harus ditampilkan di layar. nah, setelah mendapatkan alur di atas, kita bisa mengimplementasikannya ke bahasa pemrograman. untuk loop kita bisa menggunakan for, while atau repeat. untuk pengujian kita bisa menggunakan if dan untuk mencetak teks di layar bisa menggunakan print atau echo. nah, pilihan2 fungsi itulah yg bisa dilihat kemudian di dalam referensi tiap bahasa pemrograman. for, if, var dan semacamnya adalah fungsi2 dasar. untuk fungsi2 yg lebih rumit biasanya bahasa pemrograman masa kini sudah banyak menyediakan. contohnya, untuk mengambil sebagian string di PHP, kita tidak perlu membuat fungsi sendiri untuk mengambil tiap karakter satu persatu, tapi cukup menggunakan fungsi substr(). saya biasanya akan berusaha mencari dulu fungsi yg tersedia sebelum membuat fungsi sendiri.

  2. yang jelas pertama memahami html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: