Memperkaya Fitur Server Chatting Openfire

Setelah mengenal Openfire sebagai server penyedia layanan chatting. Ada baiknya juga mengenal beberapa plugin yang bisa kita gunakan di Openfire untuk memperkaya layanannya. Satu hal yang saya suka dari Openfire adalah kemudahannya memperkaya fitur hanya dengan menambahkan plugin. Plugin-plugin yang bagus sudah banyak tersedia di website Openfire. Ada plugin untuk menampilkan pesan secara otomatis begitu pengguna melakukan login, ada yang untuk mengirimkan pesan broadcast ke seluruh pengguna, ada yang untuk menyaring pesan-pesan yang lewat, bahkan ada yang untuk menghubungkan akun pengguna di Openfire dengan akun chatting yang lain seperti Yahoo! Messenger, MSN atau Facebook. Plugin yang terakhir tersebut memungkinkan pengguna yang login dengan akun Openfire untuk dapat melakukan chatting juga dengan Yahoo! Messenger atau MSN tanpa harus melakukan login terpisah.

Cara meng-install plugin-plugin tersebut cukup mudah. Panel adminstrasi Openfire memang sangat mudah digunakan. Untuk meng-install plugin kita cukup masuk ke menu Plugins. Pada sub menu Available Plugins ada beberapa plugin yang siap di-install kalau berminat. Atau kalau kita punya file plugin lain, biasanya memiliki ekstensi ‘jar’ maka kita bisa mengunggahnya dulu melalui menu Upload Plugin. Dengan mengunggah file tersebut, plugin akan langsung ter-install dan akan muncul dalam daftar Plugins.

Untuk melakukan kustomisasi jika diperlukan, plugins yang telah di-install tersebut biasanya akan memiliki sub menu manajemen plugin masing-masing di bawah menu Server. Di dalam situ akan terdapat pilihan-pilihan untuk menyesuaikan fungsi plugin dengan kebutuhan kita.

Selamat mencoba!

2 Komentar to “Memperkaya Fitur Server Chatting Openfire”

  1. bisa minta tolong carinya dimana ya kang plugin-plugin tersebut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: