Shortcut di BlackBerry Menghemat Jari Saya

Setelah membahas shortcut di Windows, saat ini saya ingin bercerita bagaimana menggunakan shortcut di BlackBerry juga sangat mempermudah saya dalam mengoperasikan gadget buat beri hitam ini. Pertama adalah susunan ikon shortcut di layar utama. Saya menyusunnya berdasarkan aplikasi mana yang paling sering saya gunakan, yaitu dari kiri ke kanan adalah Inbox untuk semua pesan, BBM istri saya (ehmm :)), SMS, buku telepon, Memo (ya, saya suka menulis banyak catatan di gadget yang selalu saya bawa ke mana-mana ini) dan terakhir adalah file manager.Aplikasi yang paling sering dibuka tentu Inbox. Di situ berkumpul pesan-pesan dari empat akun email yang saya gunakan, pesan BBM dan pesan-pesan lain yang muncul dari aplikasi.

  • Space bar. Untuk menggeser halaman, selain menggunakan trackpad saya biasa juga menggunakan space bar. Space bar untuk menggeser halaman ini juga bisa digunakan di banyak tempat seperti saat membuka pesan atau membaca halaman web.
  • Tombol U berguna untuk pergi ke pesan yang belum terbuka atau belum pernah dibaca. Tombol ini juga berlaku tidak hanya di daftar pesan tapi juga ketika pesan sedang terbuka.
  • Tombol P dan N. Saat membuka pesan, untuk membuka pesan berikutnya cukup tekan N (Next) untuk atau P (Previous) untuk membuka pesan sebelumnya. Dengan demikian kita tidak perlu dulu kembali ke daftar pesan.
  • Tombol B berguna kalau kita ingin langsung membaca bagian akhir (bawah) pesan saat pesan sudah terbuka. Bila pesan cukup panjang dan belum terbuka semua, pergi ke bagian paling bawah akan memuat sambungan pesan berikutnya.
  • Tombol A mirip dengan tombol B. Bedanya tombol A akan berusaha memuat seluruh bagian pesan.
  • Tombol T berlawanan dengan tombol B karena dia akan membawa kita pergi ke bagian atas pesan atau sebuah daftar.
  • Tombol del mempermudah untuk menghapus pesan dari daftar tanpa perlu menekan tombol menu lebih dulu.
  • Menekan huruf pertama sesuai tulisan di atas tombol biasanya sama hasilnya dengan menekan tombol tersebut. Jadi kita tidak perlu dulu menggeser trackpad untuk memindahkan sorotan ke tombol tersebut.

Itulah beberapa shortcut yang biasa saya gunakan. Berikutnya saya juga ingin menceritakan beberapa hal yang suka saya lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan BlackBerry saya.

Selamat mencoba!

Tag:

Tinggalkan Balasan

