Evolusi Mouse Komputer dan Inovasi Steve Jobs

Ternyata mouse bukan diciptakan oleh Steve Jobs. Perangkat vital untuk mengoperasikan komputer ini bisa dibilang memang dipopulerkan pertama kali oleh Steve Jobs dengan produk Apple-nya. Jobs meniru konsep pengoperasian komputer menggunakan mouse saat dia berkunjung ke kantor Xerox PARC di Silicon Valley.

Kisah ‘pencurian’ ide mouse oleh Steve Jobs ini memang bukan cerita baru dan bisa dibilang semua orang yang sudah mengenal Steve Jobs dan produk Apple-nya yang sangat populer itu sudah pernah mendengar cerita tersebut. Sebagian orang bahkan mungkin mengetahuinya dari film Pirates of Silicon Valley seperti yang saya tonton beberapa tahun silam.

Namun setelah menemukan artikel ini dari kawan saya di Facebook, saya akhirnya menemukan kisah yang lebih lengkap. Steve Jobs ternyata tidak serta merta datang ke Xerox PARC dan menonton demo penggunaan mouse tersebut. Sebelumnya Jobs harus menjanjikan sesuatu untuk ditukar dengan kesempatan mengeksplorasi bagaimana dengan mouse seseorang bisa mengoperasikan perangkat lunak yang pada masa itu masih menggunakan semacam DOS berlayar hitam dan dioperasikan dengan mengetikkan sejumlah kalimat perintah.

Xerox saat itu memang tidak jauh beda dengan sekarang yang memproduksi mesin foto kopi. Tapi mouse yang diciptakan saat itu bukan untuk melengkapi mesin foto kopi. Xerox PARC adalah sebuah perusahaan riset milik Xerox. Mouse yang diciptakan saat itu adalah benar-benar untuk melengkapi perangkat PC yang juga mereka buat! Di kantor mereka di Silicon Valley Jobs dipertontonkan bagaimana pointer mouse digerakkan untuk memanipulasi layar, membuka dan menutup “windows”, berpindah aplikasi dan mengeklik ikon yang ada di layar. Jobs pun terpesona dan terlihat sangat girang.

Tapi proses penciptaan mouse yang akhirnya muncul mendampingi komputer Apple tidak berhenti sampai di situ. Jobs menyewa IDEO, sebuah perusahaan inovasi, untuk menyempurnakan mouse sebagai sebuah produk. Mouse yang diciptakan PARC punya tiga tombol. Padahal Jobs cuma mau satu karena tidak ingin penggunanya kesulitan dalam menggunakannya. Jobs juga punya sederet spesifikasi lain yang harus terpenuhi supaya mouse benar-benar bisa jadi produk yang bagus. “PARC waktu itu cuma membuat PC (Personal Computer) tapi Apple mau bikin popular computer“.

Demikianlah bagaimana mouse akhirnya menjadi perangkat yang mendampingi setiap PC yang Anda gunakan saat ini. Apakah Jobs mencurinya dari PARC? Tidak juga. Jobs bahkan menyempurnakannya. Lagipula, konsep mouse tidak benar-benar pertama kali diciptakan oleh PARC. Ahli riset di PARC mendapatkan idenya dari Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Stanford Research Institute yang lokasinya juga tidak jauh dari kantor PARC di Silicon Valley. Mouse bikinan Engelbart juga masih belum terlalu bagus saat itu. Kalau mouse bikinan Engelbart diletakkan di sebelah mouse milik PARC dan di sebelahnya lagi mouse milik Apple maka yang terlihat bukan penjiplakan melainkan lebih kepada sebuah evolusi. Sebuah evolusi dari konsep mouse. The mouse was conceived by the computer scientist Douglas Engelbart, developed by Xerox PARC, and made marketable by Apple.

Bagaimana menurut Anda?

One Comment to “Evolusi Mouse Komputer dan Inovasi Steve Jobs”

  1. waahh kalo d film nya pirates of silicon valley itu om jobs cuma dateng ke xerox, trus minta demontrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: