Menambahkan Module di Apache (Ubuntu)

Bagaimana menambahkan module yang enabled (yang berlokasi di /etc/apache2/mods-enabled) di Apache Ubuntu dari yang sudah ada di available (yang berlokasi di /etc/apache2/mods-available)? Setidaknya ada dua cara dan yang satu lebih mudah dari yang satunya.

Cara pertama, yang konvensional, adalah dengan perintah ln yang tujuannya adalah membuat link dari file yang ada di folder available untuk ditempatkan di folder enabled, yaitu :

$ sudo ln -s /etc/apache2/mods-available/rewrite.load /etc/apache2/mods-enabled/rewrite.load

Perintah di atas menambahkan module rewrite supaya ikut digunakan oleh Apache.

Nah, cara yang kedua yang lebih gampang tanpa harus menulis perintah panjang-panjang adalah menggunakan command a2enmod, contohnya :

$ sudo a2enmod

Setelah itu akan muncul daftar modul yang bisa ditambahkan. Tinggal memilih dengan menuliskan modul yang diinginkan. Selesai!

Terakhir, jangan lupa untuk kedua perintah di atas jangan lupa untuk merestart Apache agar ikut me-load module-module yang baru ditambahkan:

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Dua perintah di atas sebenarnya sama-sama mudahnya. Yang pertama yang menggunakan perintah ln biasa dipakai untuk membuat semacam shortcut di Windows. Jadi kalau sudah biasa menggunakan perintah tersebut tentunya tidak susah. Cara kedua terlihat lebih mudah karena menggunakan perintah sederhana tapi karena jarang digunakan mungkin akan sering terlupakan. Nah, kalau sudah begitu, cara terakhir dan yang selalu manjur adalah cari di Google dan berharap menemukan artikel ini lagi… hehehe… Selamat mencoba…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: