‘User Interface’ Google, Kemudahan yang Tidak Terlalu Disadari?

Sekarang ini siapa sih yang tidak kenal Google. Setiap pengguna internet pasti pernah menggunakan produk Google terutama mesin pencarinya. Dan setiap pengguna Google pasti sangat familiar dengan desain web Google yang putih bersih itu. Mulai dari mesin pencari, email, maps, docs sampai produk-produk sederhana seperti translator dan dictionary. Desain yang putih bersih itu tentunya bukan tanpa maksud. Dari desain yang sederhana itu tampaknya Google memang ingin fokus pada fungsi dan bukan sekedar penampilan. Google sepertinya benar-benar ingin pengguna produk-produk mereka tidak kesulitan dalam menggunakannya. Nah, sekarang sebagai pengguna Google pernahkah Anda menyadari kemudahan-kemudahan yang disediakan Google tersebut? Coba kita bahas beberapa di antaranya.

Google Search
Adakah yang memperhatikan, bahwa setiap kita membuka halaman Google Search maka yang pertama kali akan muncul hanyalah logo Google, field input, dua buah tombol dan sebaris kecil footer. Baru setelah ada aktivitas mouse di atas halaman tersebut (mouse over) akan muncul fitur-fitur lain seperti pilihan search di bagian atas, preference setting di sebelah kanan, dua radio button di bawah tombol dan menu profil Google di bawah footer. Bukannya tanpa maksud, dengan cara ini tentunya Google benar-benar ingin pengguna mereka dapat benar-benar fokus pada tujuan dan niat pencarian tanpa harus dibingungkan oleh menu-menu yang berlebihan.

Google Translate
Ini adalah produk Google favorit saya, selain Search tentunya. Produk Google yang satu ini cukup bagus dalam menerjemahkan sebuah kata, frase, paragraf atau bahkan kita juga bisa mengupload dokumen untuk diterjemahkan. Pilihan bahasanya juga banyak. Termasuk bahasa Arab dan beberapa bahasa lain yang tidak menggunakan huruf latin alfabet. Tentu sangat menarik karena bisa buat gaya-gayaan juga.
Cara menggunakannya juga sangat mudah. Begitu kita mengetik di kotak yang disediakan, Google bisa langsung menerjemahkan secara real-time (meskipun penerjemahan real-time ini juga bisa dimatikan). Hasil terjemahannya juga cukup bagus. Baik untuk penerjemahan Indonesia-Inggris maupun sebaliknya. Saya pernah menggunakannya untuk membantu saya saat menulis makalah dalam bahasa Inggris. Kebetulan saat itu ada satu kalimat yang ingin saya terjemahkan secara utuh dengan gaya bahasa yang saya inginkan. Jadinya untuk menghindari kesalahan gramatikal saya mencoba beberapa kombinasi pilihan kata untuk melihat hasilnya setelah diterjemahkan.
Menggunakannya untuk penerjemahan bahasa Arab juga tidak kalah menariknya. Produk ini bisa menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa lain dengan dua cara. Pertama adalah dengan menuliskannya dengan tulisan Arab. Dan cara kedua adalah menggunakan fitur fonetik, yaitu dengan menuliskannya dengan huruf latin dan Google akan langsung mengkonversikan tulisan huruf latin itu ke huruf Arab untuk kemudian diterjemahkan ke bahasa lain yang kita inginkan.
Menarik, bukan. Sebagai tambahan, Google Translator ini juga kadang menyediakan tombol untuk memperdengarkan cara membaca kata yang diterjemahkan.

Nah, sementara baru dua itu dulu dari produk Google yang kita bahas. Yang lainnya semoga bisa menyusul.

Bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: