Windows di dalam Linux

Setidaknya ada dua aplikasi untuk yang sudah ingin migrasi ke Linux tapi belum bisa meninggalkan aplikasi-aplikasi Windows. Yang pertama adalah VMWare atau VirtualBox dan yang kedua adalah Wine. VMWare (Virtual Machine) atau VirtualBox, seperti namanya adalah aplikasi yang di dalamnya seakan-akan ada komputer dan sistem operasi yang berjalan sendiri. Jadi untuk dapat menjalankan program-program Windows di situ kita harus menginstall Windows terlebih dahulu. Persis seperti kalau kita menginstall Windows di komputer yang masih kosong. Setelah Windows terinstall, program dapat diakses dengan menjalankan lebih dulu VMWare atau VirtualBox di Linux. Setelah itu menjalankan Windows yang nanti akan loading persis seperti kita menyalakan komputer. Kemudian kita akan benar-benar dapat masuk ke Windows yang sebenarnya dia berjalan di dalam Linux. Sementara itu Wine atau Windows Emulator bekerja dengan lebih sederhana. Setelah Wine terinstall, kita dapat menjalankan aplikasi Windows dengan langsung mengklik dua kali seperti dalam Windows. Termasuk installer, dia juga akan langsung melakukan instalasi seakan-akan terinstall di Linux. Jadi menggunakan Wine, menjalankan aplikasi berbasis Windows di Linux akan serasa menjalankan aplikasi tersebut di Windows.Menginstal VirtualBox atau Wine di Ubuntu sama mudahnya dengan menginstall aplikasi lain. Cukup dengan perintah :

apt-get install virtualbox atau apt-get install wine

Setelah VirtualBox terinstall yang harus dilakukan adalah membuat satu boks yang nantinya akan diisi dengan OS yang kita inginkan yang dalam hal ini adalah Windows. Nanti kita akan diminta memilih OS apa yang akan kita pasang, berapa besar memori RAM yang mau kita gunakan dan berapa besar hard disk yang mau kita pakai. Persis seperti ketika kita mau beli komputer baru. Setelah boks jadi, berikutnya adalah menjalankan boks tersebut seperti menjalankan komputer yang masih kosong. Dengan memasang installer Windows di CD-ROM kita akan menginstall Windows sama seperti kita menginstall pada komputer biasa. Windows yang sudah terinstall itu nantinya akan dapat berkomunikasi dengan Linux yang menjadi inangnya melalui jaringan komputer virtual yang bisa diset kemudian.

Wine yang lebih sederhana memang tidak membutuhkan setting macam-macam. Tapi kadang untuk software yang memiliki ketergantungan yang kompleks dengan Windows atau ketergantungan dengan aplikasi Windows yang lain kurang berhasil. Jadi sepertinya lebih cocok untuk aplikasi-aplikasi yang benar-benar berdiri sendiri seperti Photoshop, dll.

Tag: ,

5 Komentar to “Windows di dalam Linux”

  1. wine sudah terinstall dengan baik di linux ubuntu hardy saya… dan di tampilkan di menu bar… pertanyaan saya adalah bagai mana menampilkan aplikasi yang sudah terinstall di wine agar ada di menu bar… kita tidak perlu membuka wine file… mohon bantuannya.. newbie

  2. Dimana saya bisa download wine?
    Trz gmN cara instalnya?
    Maklum saya baru migrasi ke linux

  3. roni sandra :
    kalau wine sudah terinstal, setiap file berekstensi .exe kalau diklik dua kali akan langsung diasosiasikan dengan wine (langsung dijalankan oleh wine). untuk menjalankan sebuah file exe melalui command prompt adalah dengan perintah wine diikuti dengan nama file exe. Jadi untuk membuat shortcut di manapun termasuk di menu bar adalah dengan menggunakan perintah (command) tersebut.

    Frans :
    Kalau tidak menggunakan apt-get, Wine bisa didownload di http://www.winehq.org dan cara instalasinya bisa dilihat di http://www.winehq.org/site/howto

  4. mas, saya sudah intsall virtualbox dengan os host ubuntu intrepid 8.10 dan guestnya XP SP2. pertanyaannya:
    1. ada ga sih cara supaya menjalankan windows virtualnya tanpa harus buka virtualbox-start dsb nya gitu? jadi ketika ubuntu selesei start up, windows langsung loading gitu
    2. tyus network di windowsnya bisa langsung jalan juga, tanpa harus ngetikkan perintah untuk njalanin networknya di terminal gitu..

    makasi attensinya…

  5. saya kesulitan instal driver vga windows dan visual basic di virtual box bisa Mas Rinto membantu saya please….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: