Shortcut Windows Explorer

Software apa yang pertama kali kita buka begitu kita masuk Windows? Kalau buat saya sih biasanya Windows Explorer. Karena yang dilakukan pertama kali biasanya adalah mencari file yang akan dipakai untuk bekerja. Alasan lain mungkin terdengar lucu, karena saya ingin Windows Explorer ada di paling kiri di taskbar. Karena dengan demikian, kalau menurut saya, sih, akan lebih cepat mencari dan membuka Windows Explorer dari taskbar.

Sayangnya, shortcut Windows Explorer letaknya sangat jauh di dalam Start Menu. Kita harus membuka Start Menu lebih dulu, memilih All Programs, Accessories, baru ketemu shortcut-nya. Karena itulah banyak orang yang ingin cepat mengakses aplikasi tersebut berusaha mencari jalan pintas. Salah satunya, yang saya lihat cukup populer adalah dengan mengklik kanan Start Menu lalu memilih Explore. Cara ini memang cukup cepat karena langsung membuka Windows Explorer. Sayangnya, folder yang tampil kalau kita membuka dengan cara itu adalah tentu saja folder Start Menu yang berada jauh di dalam folder-folder lain. Padahal file yang kita cari biasanya ada di My Documents yang berada cukup jauh di folder lain.

Sehingga kalau menurut saya, cara tersebut bisa diganti dengan mengklik kanan icon My Computer di desktop dan memilih Explore. Cara tersebut akan langsung membuka Windows Explorer di folder My Computer yang menampilkan drive-drive dan dari situ sudah dekat dengan My Document maupun folder lain yang berada di dalam salah satu drive. Kalau buat saya bahkan, karena saya sudah mengganti setting default sehingga kalau mengklik icon My Computer (bukan mengklik kanan dan memilih Explore) atau folder lain di desktop akan menjadi otomatis membuka Windows Explorer dengan deretan folder-folder di sebelah kiri. Sementara defaultnya kan tanpa folder-folder di sebelah kiri. Jadi masih harus mengklik menu View>Explorer Bar>Folders.

Tapi cara tersebut ternyata juga kurang efektif karena icon My Computer yang berada di desktop biasanya akan terhalang window-window yang terbuka. Kita harus me-minimize lebih dulu window-window yang terbuka tersebut atau mengklik icon Show Desktop di taskbar Quick Links sebelum dapat mengklik icon My Computer. Lagi pula kalau di komputer saya, di desktop biasanya hanya saya sisakan icon Recycle Bin karena saya tidak suka desktop yang penuh icon. Terlalu menghalangi wallpaper.

Akhirnya, sampai sekarang kalau menginstall Windows saya selalu menambahkan sebuah shortcut Windows Explorer di task bar Quick Links yang saya kopikan dari Start Menu. Sehingga saya dapat membuka Windows Explorer dengan cepat karena dapat langsung mengklik dari icon yang selalu terlihat.

Terakhir, ada satu cara lagi untuk membuka Windows Explorer. Ini bagi yang biasa menggunakan kombinasi keyboard dan mouse dalam mengoperasikan komputer. Cara ini adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows (tombol di keyboard yang ada logo Windows) dengan tombol ‘E’. Lebih cepat karena tidak perlu lagi menggerakkan mouse.

3 Komentar to “Shortcut Windows Explorer”

  1. salam mas rinto,

    asyik juga tipsnya. mau tanya nih.. gimana mulai blog, saya udah punya login di wordpress, tapi bingung mulainya..
    harus setting tampilan dulu ya… ?

  2. Hmmm… memulai blog, yah. Ada banyak cara untuk memulai blog. Lebih enak lagi kalau sudah banyak referensi dan sudah banyak ide apa yang mau ditulis. Kalau memang peduli tampilan, bisa dengan setting2 tampilan dulu di bagian Presentation. Atau kalau memang hasrat menulis sudah menggebu, bisa langsung menulis dengan memilih menu Write. Langsung deh tulisannya tampil di depan.

  3. Mungkin blog ini bisa jadi referensi untuk memulai :
    http://panduan.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

