Pahitnya Mengobati Hati

Seorang teman menyampaikan nasihatnya di sebuah forum pengajian. Dia bercerita tentang pengobatan hati yang sedang tidak sehat. Kadangkala kita merasa keimanan kita sedang turun. Malas beribadah, sholat berlambat-lambat, berat untuk ke masjid, apalagi baca Al Quran. Beruntunglah kalau saat itu kita juga sadar kalau keimanan sedang turun. Meskipun tidak langsung bisa pulih, kadang kita juga berharap dan berusaha untuk bisa segera kembali dari keterpurukan hati. Tak kurang juga teman dan keluarga yang bersimpati mengingatkan untuk segera memperbaiki ibadah. Tapi dasar sedang turun iman, panggilan hati tak didengar, apalagi teguran dari orang lain malah dirasakan sebagai gangguan.

Teman saya itu mengumpamakan kondisi hati yang lemah seperti kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Di kala kita demam, kinerja tubuh menurun. Jangankan bekerja, mau pergi ke kamar mandi saja rasanya berat. Nah, untuk segera kembali sehat kita perlu minum obat. Tapi sayangnya, jangankan obat, makanan enak saja rasanya pahit di lidah. Padahal supaya cepat kembali sehat, kita harus minum obat dan banyak makan. Akhirnya kita harus memaksakan diri makan makanan yang terasa pahit di lidah dan minum obat berbutir-butir. Hingga tak lama kemudian badan kita kembali pulih sehat walafiat.

Begitu pula dengan kondisi hati yang sedang tidak sehat. Untuk membuatnya kembali sehat, kita justru harus lebih banyak lagi beribadah. Menggiatkan sholat, baca Al Quran dan ibadah sunnah lainnya. Meskipun rasanya berat, tapi itulah yang insyaAllah justru akan membuat kita kembali sehat. Sama seperti obat dan makanan yang rasanya pahit di lidah, ibadah yang rasanya berat dan kurang nikmat itulah yang malah justru akan membuat hati kita kembali sehat. Hingga ibadah kita kembali giat dan segala amalan sunnah kembali menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Tag:

3 Komentar to “Pahitnya Mengobati Hati”

  1. Mengingatkan diriku… Jazakallah.

  2. Obat hati itu konon 5 perkara: baca quran, sholat malam, dekat dengan orang sholeh, berpuasa dan memperpanjang zikir. persis seperti yang dilantunkan opick atau emha.

    nice writings and keep on blogging. jazakallah.

  3. Thank ..
    saya dpt menemukan blog and tulisan ini… mengingatkanku pada semua(hobby and tamba ati). Alhamdulillah atas segala karuniaNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: