Salah Kaprah Domain .com dan .co.id

Akhir tahun kemarin, ketika terjadi heboh musibah internet putusnya jalur internet internasional (terutama yang ke USA) dari Indonesia, sejumlah perusahaan kalang kabut karena komunikasi via internet dengan perusahaan-perusahaan di luar negeri terganggu. Juga, website-website di luar negeri dan server email di luar negeri yang biasa mereka gunakan menjadi sangat sulit diakses. Sehingga kemudian muncul statement, segera pindahkan web-web yang kita gunakan dari hosting di luar negeri ke hosting dalam negeri. Statement lain, jangan gunakan domain .com dan gunakanlah domain .co.id agar tidak lagi terganggu koneksi internet internasional.

Statement pertama cukup masuk akal. Yaitu memindahkan website yang tadinya dihosting di luar negeri ke hosting yang terletak di dalam negeri. Meskipun kenyataanya, banyak perusahaan hosting di Indonesia yang servernya justru ada di luar negeri (rata-rata di USA). Kalaupun ada yang di dalam negeri, harganya sangat mahal, berbeda jauh dengan hosting luar negeri.

Lalu statement kedua, menggunakan domain .co.id agar akses lebih cepat. Seperti penjelasan di artikel saya yang lain, bahwa alamat domain dan lokasi hosting tidak bisa disamakan. Apapun domainnya, kita bisa hosting di mana saja. Artinya, meskipun kita menggunakan domain .co.id, maka kita bisa saja hosting di USA yang tentu akan terganggu juga kalau koneksi internet putus. Jadi menggunakan .com atau domain .co.id kalau ingin diakses lebih cepat dari Indonesia, hostingnyalah yang harus diletakkan di lokasi Indonesia. Ingin lebih cepat lagi, pastikan hostingnya terhubung langsung ke IIX. IIX atau Indonesia Internet eXchange adalah jalur internet yang menghubungkan semua ISP di Indonesia. Jadi dengan ISP manapun pengakses web kita mengakses web kita, dia akan langsung terhubung cepat dengan web kita.

6 Responses to “Salah Kaprah Domain .com dan .co.id”

  1. Wah…jadi ada pencerahan nih pak…Trims infonya…Semoga bisa kasih tips dan trik lain…Saya sedang coba bikin web..Masih pemula pak, jadi pakai CMS yang lebih simple…

  2. Terima kasih. Artikelnya bagus. Kalo bisa saya ingin minta link nya

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: