Menggunakan Monitor Ganda

Pingin bisa bekerja di depan komputer sambil memonitor sesuatu, pesan yang masuk atau data yang selalu berubah? Atau selalu kerepotan kalau harus copy-paste banyak data atau bekerja dengan referensi karena harus bolak-balik pindah window? Kalau punya budget untuk beli monitor baru/bekas spesifikasi rendah (paling nggak sampai 500 ribu) atau ada monitor ngganggur di rumah atau kantor, mungkin bisa mempertimbangkan ide ini.

Letakkan monitor kedua di sebelah monitor pertama (ya iya, laaah… masa di belakangnya atau di depannya…). Oiya, sebelumnya Anda harus punya port atau VGA card ekstra. Komputer-komputer terbaru selalu punya port VGA on-board. Kalau Anda sudah punya PC dengan VGA khusus berspesifikasi tinggi, berarti Anda sudah punya dua buah port VGA, sesuai dengan yang kita butuhkan sekarang. Pasang kabel monitor utama di port VGA yang berspesifikasi paling tinggi, biasanya berdiri sendiri di jajaran port tambahan. Kemudian pasang kabel monitor kedua di port VGA standar yang biasanya terkumpul bersama port lain, seperti mouse, keyboard, USB atau LAN.

Jalankan Windows seperti biasa. Di Control Panel bagian Display atau klik kanan di desktop dan klik Properties, pilih tab Settings. Anda akan melihat dua kotak bernomor 1 dan 2. Klik kotak nomor 2 yang berwarna abu-abu. Centang pilihan ‘Extend my Windows desktop onto this monitor’ dan klik tombol Apply. Nah, Anda sekarang sudah punya dua monitor! Silakan atur resolusi dll sesuai kebutuhan Anda. Anda akan merasa seperti memiliki monitor yang sangat lebar🙂

14 Komentar to “Menggunakan Monitor Ganda”

  1. o gitu caranya. Aku pernah liat orang make dua monitor dan akunya terbengong-bengong aja. Ternyata simpel ya. Sekalian mo nanya nih, kalo komputer Macbook pake layar monitor PC bisa ga ya? Aku pingin kalo di rumah pake layar LCD aja yang agak gede, kalo layar macbook-ku kan cuma kecil, enak sih kalo untuk dibawa-bawa tapi kalo untuk dirumah kayakny enakan pake layar besar. Ajarin caranya ya?

  2. Saya belum pernah pakai MacBook. Tapi dari hasil search di Google, MacBook memang punya port mini-DVI yang bisa digunakan untuk external display (CRT, LCD, proyektor, s-video) dengan menggunakan adapter tambahan, yaitu kabel khusus yang dijual terpisah. Untuk ke monitor standar atau LCD monitor bisa menggunakan kabel jenis mini-DVI to VGA. Untuk selanjutnya, apabila menggunakan Windows, step untuk settingnya kira2 sama dengan di atas. Begitu start Windows, di Display Properties bisa langsung terlihat pilihannya.
    Selengkapnya bisa lihat di links berikut ini :
    http://www.livingdigitally.net/2006/10/using_an_extern.html
    http://docs.info.apple.com/article.html?artnum=303722
    http://store.apple.com/1-800-MY-APPLE/WebObjects/AppleStore?productLearnMore=M9320G/A

  3. wow, thank you. ingin memastikan lagi aja, ini LCD-nya ga harus LCD merk Apple kan? bisa apa aja kan? Karena LCD Apple mahal. thanks lagi ya.

  4. Kalau saya lihat di artikelnya mestinya bisa menggunakan LCD apa saja, asalkan memiliki input VGA. Karena LCD Projector dengan input VGA saja bisa digunakan, kok. Apalagi LCD Monitor.

  5. Bisa di coba kayaknya…🙂

  6. spesifikasi hardwarenya gimana..? harus sama merek nya ato gak?
    aku juga pengen seperti itu tapi dah nyoba koq gak bisa..
    punyaku o/b nya SIS730 terus aku tambahin PCI S3Trio 64.
    di bagian device managernya windows xp malah dikasih tanda seru…
    gimana dong…

  7. seharusnya tidak ada masalah dengan perbedaan merk. apalagi merk monitor atau vga card. karena memang tidak berkaitan. asalkan vga card sudah terinstal dengan benar, mestinya bisa dipasangi monitor bahkan lcd projector apapun.
    nah, kalau masalah mbak wanda itu (tanda seru di device manager) itu berarti memang vga card-nya yang belum terinstall dengan benar. biasanya karena driver-nya yg kurang tepat (driver untuk PCI S3Trio 64). bisa dicoba dicari drivernya di internet.

  8. @wanda

    Itu karena windows gak bisa ngedetect VGA yang PCI.

    Solusinya, coba wanda setting di BIOS biar VGA PCI merupakan Primary VGA dan yang Onboard/AGP sebagai Secondary VGA. Mudah-mudahan bisa jalan dual monitornya.

    ————————-
    http://www.khairilthegreat.web.id

  9. Rekan2 ,
    Ada yg bisa bantu gak? Gimana set PC-Notebook ke LCD-TV Sharp Aquos LC-37A53ML, kog gak bisa ya?

  10. kalo bikin tampilan kembar bisa nggak?
    gimana ya caranya

  11. @udin
    kalo dari notebook ke pc bisa

    di klik kanan di graphic outputnya

    nantidisitu ada tulisan MONITOR+NOTEBOK atau sebaliknya nah nanti ganda tuh

    sama lah kyk prjector..

    bang rinto saya mw tanya
    gmn yah jadiin out LCD Projector(monitor out) kita sebagai default saat windows masuk, karena laptop lcdnya udah ga berfungsi..

    saya pake acer 3620

    thx

  12. Kalau untuk tampilan kembar biasanya cukup dengan FN+F4 di laptop beberapa kali sampai muncul yang kembar (opsi lain adalah aktif bergantian).
    Untuk menjadikan monitor output sebagai default, di Display Properties, di bawah tab Setting tempat mengaktifkan extended monitor ada pilihan Use this device as primary monitor. Kalau itu dicentang, maka monitor yang dipilih itulah yang akan aktif saat laptop dinyalakan dan mulai masuk Windows.

  13. Kalo 2 monitor bsa trus gimana caranya byar dobel mouse n kibord plz saranya

  14. thank benget atas ilmunya bang saya ada beberapa pertanyaan nih :
    1.proyektor punya port VGA ganda nda? jd nda perlu pakai spiller tuk menghubungkan 2 proyektor dan 1 monitor lcd merk sony 24″
    2.wireless vga bisa nda menghubungkan 2 projektor dan tambah 1 monitor lcd merk sony 24″ dengan jarak 30 meter?tolong bang wireless merk apa yang bagus dan tolong ling nya untuk pemesanan langsung

    thanks yan bang sebelum dan sesudahnya TRIMA KASIH BANYAK….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: