Trojan.Adclick lpk775.dll dan Cara Praktis Menghapus Virus

Beberapa hari yang lalu saya dibikin pusing sama virus tersebut. Bayangkan saja, setiap kali menggunakan komputer, Norton Antivirus yang terinstal di komputer saya selalu menampilkan notifikasi bahwa baru saja terdeteksi virus dengan klasifikasi Trojan.Adclick dan menginfeksi sebuah file bernama lpk775.dll dan file tersebut tidak bisa dihapus ataupun dikarantina (Kalau sebuah file yang terinfeksi virus tidak bisa dibersihkan/dihapus, file tersebut akan berusaha dikarantina oleh Software Antivirus Norton alias dipindahkan ke folder lain agar tidak dapat terakses).

Sebenarnya ini bukan virus yang terlalu berbahaya. Kalau menurut Symantec virus ini punya Risk Level 1 atau Very Low. Kerjanya virus ini cuma mengakses website-website tertentu agar website tersebut terlihat memiliki traffic yang tinggi. Hanya saja cukup mengganggu pengguna komputer karena setiap saat Antivirus Norton memunculkan notifikasi bahwa dia baru saja mendeteksi virus ini. Bahkan dalam sehari bisa lebih dari 200 notifikasi yang muncul. Sangat annoying, bukan? Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Saya sering melihat teman-teman saya hobi menginstall ulang komputer. Kalau menemukan ada bug, ada yang error dengan komputernya, atau terinfeksi virus yang susah dihilangkan, mereka lebih memilih untuk menginstall ulang Windows atau bahkan memformat ulang hard disk. Duh, kalau saya paling benci kalau harus menginstall ulang Windows. Karena berarti saya harus menghabiskan setidaknya sehari penuh untuk menginstal Windows, menginstall software-software yang biasa saya gunakan (saya juga suka irit nginstall software-software tambahan karena nggak pingin nginstall banyak-banyak kalo harus install ulang Windows), dan melakukan setting ulang terhadap environment Windows – customize Windows Explorer, customize IE, customize Desktop, dll. Nyebelin, kan. Sehingga kalau ada masalah di komputer saya, entah itu virus atau bug, saya akan berusaha sedapat mungkin membetulkannya sebelum memutuskan untuk install ulang.

Kalau saya menemukan virus, saya akan langsung berusaha menghapusnya sendiri secara manual. Biasanya melalui Command Prompt. Karena virus-virus di Windows seringkali dapat menduplikasi diri secara otomatis kalau ada yang berusaha menghapus lewat Explorer. Virus tersebut dapat mendeteksi kalau kita menekan tombol delete atau mengklik menu delete. Tapi untungnya, virus-virus tersebut karena dirancang untuk Windows, umumnya tidak dapat mendeteksi kalau kita berusaha menghapusnya lewat Command Prompt.

Kalau masih bandel juga, masih terus-terusan muncul tiap kali restart, padahal sudah dihapus. Nah, itu berarti kita harus mengecek MS Config, tempat setting startup berada. Virus-virus yang selalu muncul saat restart pasti terlihat di situ. Tinggal lihat saja kalau ada nama yang aneh tinggal di-disable saja. Virus nggak akan nongol lagi.

Kalau masih nongol juga. Hmmm… ada kemungkinan kita harus utak-atik Registry. Tapi ini sebenarnya butuh keberanian dan tidak dianjurkan bagi pengguna komputer yang masih awam. Kalau kita sudah tau nama virus atau nama file yang terinfeksi, kita bisa langsung mencarinya di Registry. Virus-virus yang ngumpet di belakang layar biasanya tampak di sini. Dan harus hati-hati untuk menghapusnya. Tidak boleh lupa untuk melakukan backup terlebih dulu. Kalau gagal, Windows bisa tambah error.

Masih belum berhasil juga? Cari di Google, virus yang spesifik, tidak terbunuh oleh Antivirus yang ada, butuh penanganan khusus. Biasanya ada yang punya pengalaman membersihkan virus tersebut dan membeberkan pengalamannya di salah satu virus. Biasanya dia akan menganjurkan untuk menginstall software Antivirus tertentu atau langsung menunjukkan langkah penghapusan step-by-step. Biasanya ini langsung tokcer.

Nah, untuk lpk775.dll ternyata pengalaman baru buat saya. Saya scan pakai Spyware Doctor nggak kena. Saya sudah cari di google ternyata juga nggak ada yang pernah kena. Saya hapus langsung dari Command Prompt nggak bisa karena katanya ada process yang sedang pakai file tersebut. Saya sudah matikan sebagian process juga masih belum bisa dihapus. Yang bisa dihapus malah justru file lpk.dll yang kalau dicari di Google ternyata itu malah bukan virus. Saya sudah hapus entri-nya di Registry masih aja muncul. Saya masuk ke Safe Mode dan berusaha menghapusnya lewat Command Prompt di Safe Mode. Masih nggak bisa juga.

Akhirnya, setelah berhari-hari terganggu virus tersebut, muncul ide baru. Saya menggunakan CD installer Windows untuk boot komputer. Selain untuk install ulang, di situ juga ada option untuk Repair menggunakan Recovery Console atau dengan kata lain, ini adalah Command Prompt tanpa masuk Windows. Mirip seperti kalau kita boot dengan disket DOS di jaman dulu. Kalau saja hard disk-nya tidak diformat NTFS, saya mungkin akan pakai startup disk yang berisi MS DOS. Nah, setelah masuk ke Recovery Console, memasukkan password Administrator (password yang kita buat saat install Windows), masuk deh ke Command Prompt. Saya tinggal cd ke Windows\System32 tempat lpk775.dll berada, ketik del lpk775.dll dan sim salabim… abrakadabra… file tersebut langsung terhapus. Tinggal ketik exit, restart dan Windows saya telah kembali tanpa notifikasi lpk775.dll yang nyebelin itu… :)

53 Responses to “Trojan.Adclick lpk775.dll dan Cara Praktis Menghapus Virus”

  1. MAKASIH SBLMNYA MOHON PETUNJUK SAYA ADA KOMPTR KENA VIRUS. TRUS SAYA TIDAK BISA NGAPA2IN. TIDAK MASUK KE SAFE MODE JUGA JADI MINTA TOLONG BISA AQ MAU TAU SOFT WARE APA YANG BISA, ATAU ADA TIPS/TRIKS.

  2. buat temen yang lain! perlu diingat bahwa virus biasanya dibuat dengan bahasa vb atau dengan c++, dan biasanya gak kan bisa bergerak bila kita tidak mengeksekusi file tersebut, jika komputer kita bersih dari virus alangkah baiknya bila kita menampilakan executable filenya yang ada difolder option. apa bila dari flashdisk kita menemukan file .exe yang memiliki icon yang mencurigan seperti folder atau word lebih baik dihapus saja karena itu merupakan virus. dan bila ingin lebih aman dalam memasukkan flashdisk lebih baik di search dulu file .exe dengan pilihan search yang ada di start menu atau clik kanan. dan hapus file-file yang mencurigakan.
    dan perlu diingin belakangan ini virus juga disertai aplikasi autorun.inf yang merupakan jalan virus untuk menginfeksi komputer tanpa di eksekusi oleh pengguna. oleh karena itu hapus juga file autorun.inf yang ada di flashdisk.
    cara ini sangat efektif bagi saya untuk mengatasi virus tanpa menggunakan antivirus yang harus up to date.
    apalagi yang komputernya tidak terkoneksi ke internet atau jaringan bisa menggunakan cara ini untuk meblokir virus menginfeksi.

    sekian dulu mungkin ada yang kurang lain kali akan kita bahas kembali.

  3. Komputer gue kena trojan kayakna: loading lambat, DVD ROM ga berfungsi. gmana cara ngilanginnya ya?

  4. sekarang ini sangat banyak varian trojan yg masing2 memiliki serangan yg khas. kalau kita tidak bisa mengindentifikasi dengan jelas gejalanya tentu akan sulit untuk mencari solusinya. nah, kalau sudah ketemu gejalanya, sukur2 sudah tertangkap antivirus meskipun tidak sampai terbasmi, bisa dicari di google dengan keyword yg sebisa mungkin detil mengungkap gejala2nya.
    untuk antivirus, saya sekarang sukanya pakai norton yg corporate edition yg untuk client karena cukup ringan. yg penting selalu download update-nya. antivirus memang kadang hanya sanggup mendeteksi tapi tidak bisa menghapus. artikel2 di internet kadang suka ada yg menjelaskan cara menghapusnya. biasanya menggunakan aplikasi hijackthis untuk mendeteksi gejalanya (bukan untuk membasmi).

  5. beberapa waktu lalu saya menemukan artikel, ternyata kita bisa menonaktifkan fitur autorun untuk semua removable media. kalau untuk mematikan cd rom bisa dari properties yg biasa diakses dengan klik kanan di drive cd rom. hasilnya kalau kita memasukkan cd rom tidak akan muncul pilihan akan membukan isi cdrom denga aplikasi apa. nah, untuk flash disk agak susah, karena drive flash disk hanya muncul ketika flash disk terpasang. jadi untuk mematikan autorun flash disk harus melalui edit registry. jadi nanti kalau memasang flash disk tidak akan lagi muncul pilihan akan membuka isi flash disk dengan apa. sehingga dengan begitu juga file autorun.inf yg sekarang juga dimanfaatkan oleh virus tidak tereksekusi secara otomatis.

  6. trima kasih atas saran yang telah mas berikan.

  7. allo bang…
    gini bang
    waktu itu ,saya chatting di yahoo massenger..
    tiba tiba ga lama,muncul ratusan pv tuk chat ….
    say diamkan beberapa saat..
    abis tuch…
    saya deleted.
    tapi muncul tanda baru berbentuk bintang disudut sebelah kanan bagian bawah paling sudut dan selalu berpindah pindah tempat.
    kalau kursor diarahkan ke tanda itu ,maka kata kat yang muncul adalah:
    kau mungkin adalah korban perangkat lunak palsu..
    sampe sekarang ,gad a hal hal yang menghiraukan .
    tapi rasa cemas sebagai penggguna komputer yang masih sangat awam,selalu menghantui. tolong yah bang ….

  8. “You may be a victim of software counterfeiting. This copy of Windows is not genuine…” Dengan bintang biru di sudut kanan bawah? Dan sekarang komputernya jadi agak lambat?
    Mas David pakai Windows bajakan, ya? :) Kalau menurut saya peringatan itu karena Windows yang Mas pakai terdeteksi bajakan oleh Microsoft melalui internet saat Mas online. Jadi tidak ada hubungannya dengan Yahoo! Messenger.
    Saran saya tentunya gantilah denga Windows asli :) XP Yg versi Home cuma 800ribuan dan yg Pro cuma 1,5jtan. Kalau pingin dicrack sih bisa aja tapi saya nggak bisa sampaikan di sini. Nggak enak sama om Gates :D

  9. Hii. mau tanya nih..
    komputer i kena virus trojan di temporary internet file… sy sdh clean pakai virus scan on-demand scan progress tapi failed..
    pas sy cek di folder temproary internet fileny tidak file sama sekali

    bagaimana ya cara hapusnya thanks.. penting

  10. kalau sudah tahu file yg mana yg merupakan virus, kalau saya biasanya saya hapus melalui command prompt. karena biasanya virus berusaha bertahan dari aktivitas penghapusan atau pembersihan kalau ada aksi dari operasional standar windows. jadi kalau dihapus dari command prompt biasanya bisa. kalo masih terkunci dan menolak untuk dihapus, coba pindahkan hard disk ke komputer lain dan coba hapus dari komputer tsb. karena os di hard disk tersebut tidak dijalankan, virus tidak aktif jadinya tidak terkunci dan bisa dihapus paksa.

  11. kaka…

    bantu aku donk…

    aku msh blm trlalu mengerti gmna cranya menghapus virus lewat DOS..

    Baru2 ini laptop aku dan laptop punya tmenku diserang virus bernama ^sains^…

    pas di delete,,malah nambah…

    bantu aku donk ka…

    pengen nangis rasanya… (T_T)…

  12. saya seorang awam dalam hal pengetahuan akan berbagai macam virus…saat ini kompeter saya lagi terserang virus trojan. saya sudah berusaha menghapusnya dengan AVG terbaru tapi kok masih nongol2 juga seperti yang dialami mas rinto…Gimana solusi untuk menangani masalah ini? dan kira2 anti virus apa yang paling baik digunakan untuk komputer saya, coz saya selalu online memakai komputer tersebut….Thanks B4. GBU…

  13. salam kenal, saya ingin bertanya tentang virus yang mematikan semua program saya termasuk antivirus, dan virus itu berinisial kan dekstop.ini, saya minta petunjuk.

  14. Dhie>cara menghapus lewat DOS: dari start menu pilih menu Run trus ketik cmd dan klik OK. lalu muncul jendela DOS warna hitam. pindah ke direktori di mana file yg mau dihapus berada. caranya, ketik cd spasi lokasi folder. misalnya cd C:\Document and Settings\My Documents kemudian tekan enter. kalau sudah, ketik del spasi nama filenya. misalnya, del myfile.doc kemudian tekan enter. selesai.

    chofan>menurut pengalaman saya, AVG memang kurang handal meskipun sudah sering diupdate. yg bagus yg banyak di pasaran menurut saya norton atau mcafee. saya sendiri biasanya pakai norton dan selalu saya update. hasilnya lumayan.

    Fajar setiawan>virus desktop.ini itu sepertinya virus lama, yah. dengan norton atau mcafee mestinya bisa teratasi.

  15. thanks ya…..kang rinto atas petunjuknya,saya selama ini pakai antivirus ansav, kalau antivirus norton dimana saya bisa mendownloadnya ya….kali ini saya mau tanya lagi ni….boleh ya ????? bagaimana caranya untuk menghapus virus berinisial autorun.inf, virus ini bikin saya kesal…. udah sering kali laptop saya kena virus ini, terkadang kalu di delete dari antivirus hilangnya sebentar abis itu kelang beberapa menit e…. muncul lagi, capek deh. barangkali dengan metode cmd bisa kali ya kang…..????kalau bisa saya minta ajari dong

  16. iyaa,, saya juga kena vrus autorun.inf nih..
    pusingg…
    tadiny cm ada di drive C:, eh scan lagi tiba2 uda ada di drive D: juga..
    tiap scan lansung di heal ama AVG, tapi bgtu scan lagi, ada lagi, ada lagii
    gimana nihhhh
    help….

  17. kalau autorun.inf itu sebenernya virusnya bukan berupa file itu. file autorun.inf itu sebenernya adalah file yg otomatis menjalankan file lain kalau folder tempat autorun.inf itu berada dibuka. jadi yg harus dihapus (lagi2 lebih baik pake cmd) adalah file virus yg sebenarnya yg lokasinya bisa jadi ada di tempat lain (sehingga nggak langsung bisa disikat sama antivirus saat file autorun.inf kedetect makanya bisa muncul lagi dgn cepat). file autorun.inf ini biasanya memang hidden dan ngumpet di flash disk. makanya bisa nyebar cepat karena secara default windows akan menjalankan file ini saat flash disk dipasang. untuk men-disable fungsi autorun bisa dgn cara ini : http://antivirus.about.com/od/securitytips/ht/autorun.htm sedangkan untuk menghapus virus secara manual bisa dicari dulu lokasinya dengan melihat isi file autorun.inf menggunakan notepad. kalo kira2 autorun.inf sudah tersebar bisa dicari di seluruh drive menggunakan fasilitas search. jangan lupa option View Hidden Files diaktifkan dulu.

  18. thanks ya kak rinto, cara yang kakak beri udah berhasil dan udah musnah virus brengsek itu, oya gimana dosanya ya yang buat virus itu…..???oya kak, cara kakak buat forum seperti ini gimana??? asyik ya bisa kirim2 ilmu seperti ini.satu lagi kak, kakak bertempat tinggal dimana????

  19. kalau boleh minta alamat E-mail nya sekalian ya kak

  20. kak kapan2 kunjungi web-blog saya ya kak disini
    http://www.wawan2.blogspot.com

  21. Mau nanya KK

    kompi koe rusak parah
    tolong pencerahannya

    Gejala2

    kompi koe sering kali mati sendiri
    n klu lagi proses suka standbay sndri

    dan Juga beberapa aplikasi sering muncuL tanpa di beri perintah

    cNtoh aplikasih yNg maen dwek

    WMP, Search, Microsoft outlook, mycomputer

    Pokokna uda parah banet

    kira2 itu virus jenis ap (merk)??

    tolong soLusina????

    uda berapa kali di instal ulang tapi teteP aja gejala itu ngulang lagi
    maybe virusna ada di D:, koe ga berani fromatna cz banyak data penting

  22. mau tanya seputar virus nech…

    1.klo mau hapus virus lewat command prompt caranya gmn y??dan jg command script yang dipake apa aj??
    2. klo virus men-disable command prompt, kemudian jg ga bisa akses ke safe mode, mau masuk ke safe mode malah muncul blue screen, tolong solusinya klo seperti ini.
    3. beberapa waktu lalu ketemu ma virus indomusic.exe atau virus zifoe,,gejalanya ga bisa akses task manager n safe mode,juga muncul alarm setiap beberapa waktu.tapi udah saya hapus pake killer machine, alarm udah ga muncul, task manager jg udah bisa, tapi lum bisa ke safe mode baik lewat ms config, ataupun lewat boot option. gimana caranya supaya safe mode bisa saya paje lagi.

    mohon maaf nech, klo p’tanyaannya bnyak banget.tapi virusnya bener-bener bikin pusing n stress…

    terima kasih banyak atas bantuannya..

    semoga juga bermanfaat untuk pembaca lain

  23. o iya satu lagi nich

    bagaimana kita membedakan virus dengan aplikasi biasa lewat msconfig>start up juga di registry, biar ga salah2 klo mau hapus??

    sekali lagi terima kasih atas bantuannya..

  24. kak, saya sudah coba cara yang kakak ajari, tapi ketika saya memasukan flesdis yang komputer nya belum dimatikan autorunnya, virus tersebut masuk kekomputer, kalau udah masuk jauh banget sampai program antivirus ga bisa di gunakan, gimana kak?? sebel aku liat virus nya. kasih tau cara yang lebih simple, atau kasih antivirus yang dapat membunuhnya sampai akar2 nya… thanks ya kak n tolong di balas

  25. mas, numpang nanya. saya ni pengguna komputer awam. biasanya cuma ngandelin antivirus untuk ngapus virus. antivirus yang saya pake slama ini AVIRA, dan kalo di scan komputernya file-file yang terinfeksi langsung dihapus. Nah, kalo file yang kena virusnya di OS Windows-nya kan kalo dihapus komputer bisa hang. Jadi gimana solusinya? Please dijawab, soalnya selama ini kalo komputer udah hang, biasanya bawa ke service komputer untuk di instal ulang, biayanyapun ga murah, sekitar 60 ribuan, n sekitar sebulan komputerku udah kena virus lagi.

  26. kepada saudara Arie perkenalkan saya fajar, cara yang sederhana agar virus tersebut dapat dicegah. anda bisa membuat partisi di komputer anda menjadi dua drive yaitu drive c dan d , terus pasang program deepfreeze pada drive c nya aja.maka anda ga bakalan instal ulang terus menerus, lebih lanjut kunjungi web saya di http://www.wawan2.blogspot.com

  27. • Tone and style reouired:
    Di dalam pembahasan ini global warming greenpeace mempunyai gaya atau suasana yangdapat kita lihat yaitu:
     Perasaan kerbersamaan atau kekeluargaan kita dalam memperjuangkan hutan kita yang telah dirusak oleh oleh beberapa kaum.
     Sikap kepahlawanan dalam menyelamatkanhutan kita yang semangkin punah
     Kepedulian kita untuk melindungi sisa hutan didunia ini supaya tidak semangkin rusak oleh masyarakat .
     Keprihatinan maupun kekecewaan kita terhadap alam kita yang semangkin punah
     Keindahan hutan hijau kita sebelum terjadi kepunahan baik flora maupun fauna
     Kecintaan kita terhadap alam yang muncul telah memberikan manusia sebuah kehidupan
     Kehangatan, kedamaian dan ketenangan didalam lingkungan yang hijau

  28. maksud linda apa?? i don’t know
    memang saat sekarang ini hutan harus kita selamatkan.
    terlebih-lebih sekarang banyak penebangan hutan liar.

  29. halo mas.. saya mau nanya neh.
    laptop saya kena virus smada file. sulit bangat untuk di delete. semua bentuk icon dirubah menjadi folder. tolong di bantu dong cara untuk menghapusnya.

  30. bagaimana caranya menghapus virus? apa di scaner saja?

  31. mas gimana cara menghapus virus yg sembunyi dengan menyamar menjadi recycler , dan menginfeksi shell32.exe di system32?
    saya udah pake cara normal, dari antivirus,cmd,msconfig,regedit ,
    ampe cara bootable, tetep gak mempan,huhu

  32. keren yach……………………

  33. Hai mas, saya mau nanya nih.
    Waktu itu kan saya lagi mau buka kaskus,terus komputer saya mendekteksi ad virus.
    Karna saya panik, saya langsung install avg free.
    Ketika selesai instal, saya pilih scan whole computer.
    Trus ternyata ada 2 spyware..
    Kalau boleh jujur, saya buta sama skali ttg virus.
    Tolong donk kasih tau cara hapus virus dgn memakai avg free.
    Please..makasih.

  34. bang, antivirus apo yang paling bagus menurut abang??????

  35. Ehmm…nanya and harus di jawab yo…kalo ga sibuk..gini: cara menghilangkan microsoft outlook yang tiba2(sering) muncul padahal lagi main game online kayak Ayodance…jadi putus deh connection game nya. Terima kasih sebelumnya!!!!! please replay my message..

  36. gimana cara menghapus virus dng aplikasi dos bang…

  37. aku pake avg free.saat scane ditemukan ada infeksi,tapi aku mau remove infeksi itu ga bisa,katanya this scane is complete.apakah infeksinya udah hilang?windows aku ga asli,katanya mas bisa crack,aku mau dong.tolong bales ke email aku aja.thanks

  38. kak klu komputer na gak muncur RUN

    di apain ya biar ada RUN na lagi…

    truss

    kalu komputer kita masuk kan flasdisk restart ulang itu kan kena virus

    cara hapus na gi mana ya kak

    tolong balas ke imail saya ya
    kak

    saya masih awam nie tntang kom

    junod_coeloen@yahoo,co.id

  39. saya sampai stress untuk menghilangkan virus trojan . didalm komputer saya anti virus softwarenya bernama kaspersky antivirus tapi saya mencari file tersebut untuk menghilangkannya sangat susah yang ada bukan delete tapi quarantin. bagaimana cara menghilangkan virus tersebut?

  40. di voba gan, trima kasih artikelnya, sangat membantu :)

  41. Mas, saya mau tanya. di laptopku aku pasang anti virus kaspersky, nod32, trojan hunter, trojan remover. tapi itu semua ga ada yang bisa jalan? aku install ulang windows trus aku install ati virus tetep ga bisa. apa ini kerjaan virus? kira-kira apa solusinya?

  42. ass….
    mas agung -> biasanya tu tempat bersarang nya virus ada di master program antivirus yg mas instal,..itu master dah keinfeksi virus.maka dari pada itu lebih baek…hapus master program antivirusnya lalu dowload anti virus baru sprti mcafi terbaru + update tannya…insyaallah manjur
    (jangan lupa di scan pakek itu)

  43. ko saya mau donlowd gx bisa yah program hapus faile aptorun ini.saya mau tanya bos kalo seting windows xp2/win7 itu dari mana agar di klik nya cept terbuka…?

  44. Pak bagaimana cara menghapus virus yg selain trojan tpi dia setiap buka folder c/d/e….Selalu ada virus…
    tolong tangapan’a..pa kirim ke no 085718431661…

  45. pak gmna klo cara menghapus virus yang bandel selain trojan tpi virus tersebut pasti ke deteksi selalu kalau saya buka folder C/D/E….
    trus virus tersebut suka bergonta-ganti nama….cara’a gmna pak…?
    Tolong kirim pesan ke no 085718431661….Please pak bantu saya….
    saya masih pelajar pemula yg mengerti tentang komputer walaupun belum sepintar/sejago bapak….

  46. wah… pertanyaan tentang virus ternyata banyak juga ya. sebetulnya saya sudah jarang sekali ketemu virus jadi sebenernya bingung juga kalau ada pertanyaan seperti ini. karena virus makin lama makin beragam dan cara membasminya pun macam2 karena yg bikin virus juga makin pintar.
    di komputer saya sekarang cuma ada kaspersky yang selalu terupdate dan saya juga bisa dibilang nggak pernah buka situs ‘aneh2′. saya juga biasanya waspada dengan jebakan2 betmen yg membuat kita mengeklik sesuatu yg jadinya malah mendownload atau menjalankan sesuatu di komputer kita. jadi dua sumber virus, yaitu internet dan flash disk dari tempat lain juga sudah cukup terlindungi.
    lalu bagaimana kalau ada infeksi virus? saran saya, sebagaimana yg juga saya lakukan adalah googling! :D gunakan keyword nama virusnya jika ketahuan namanya, pesan error-nya atau gejalanya. nah, keyword terakhir ini yang biasanya agak susah karena kita harus pakai bahasa inggris kalau mau dapat petunjuknya dari seluruh dunia. tapi biasanya untuk virus yg cukup umum pakai bahasa indonesia aja biasanya cukup karena di indo juga biasanya banyak yg kena.
    di internet, perusahaan penyedia antivirus seperti mcaffee atau norton selain menyediakan antivirus biasanya juga menyediakan petunjuk cara membersihkan virus secara manual. bisa dengan cara menghapus file atau cara lainnya.
    semoga membantu.

  47. slm sukses mas rinto,,asik bagi2 ilmu
    sy ms awam tntng komputer
    dan saya suka baca2 artikel untuk +ilmu
    tanks :)

  48. Hello, I want to subscribe for this webpage to get hottest updates,
    so where can i do it please help.

Lacak Balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: