(Cukup) Selamat dari Musibah Putusnya Koneksi Internet Internasional 12/2006

Waktu itu tiba-tiba orang di kantor-kantor pada bingung, termasuk di kantor saya. Beberapa web tiba-tiba menjadi sulit diakses. Hanya website-website lokal yang lancar diakses. Setelah lihat berita, baru semua tahu kalau koneksi internet internasional baru saja putus karena gempa di Taiwan. Yang lebih mengherankan lagi, bisa jadi di kantor saya waktu itu cuma kantor saya yang internetnya terganggu untuk mengakses web di luar Indonesia.

Seperti kita tahu, koneksi internasional yang terputus waktu itu adalah jalur Taiwan atau Asia. Jadi, untuk mengakses web di USA, transmisi internet yang biasanya lewat jalur kabel laut Taiwan menjadi terhalang. Saat itu rata-rata ISP langsung mengubah jalur menjadi melalui satelit yang tentu kapasitas trafiknya lebih lambat daripada kabel.

Kebetulan sebelum putusnya jalur Taiwan, saya sedang mengetes web saya yang kebetulan dihosting di USA. Karena merasa aksesnya lambat, saya lalu memiliki dugaan bahwa jalur antara ISP yang saya gunakan dengan lokasi hosting kurang baik. Akhirnya saya mencoba mencari jalur lain. Caranya adalah dengan menggunakan proxy server yang memiliki jalur berbeda dengan ISP yang saya gunakan. Proxy Server adalah server yang membantu kita ‘memanggilkan’ web yang ingin kita buka. Jadi proxy server biasanya juga digunakan untuk browsing anonymously alias browsing tanpa ketahuan oleh website yg dibuka kalau itu kita yang browsing, melainkan si proxy server.

Jalur internasional dari Indonesia yang banyak dipakai memang jalur Hongkong-Taiwan. Jadi saya beranggapan, kalau ISP saya lewat situ, saya harus cari jalur lain. Kemudian saya cari alamat proxy gratisan yang mudah didapat di Google dengan keyword ‘free proxy’. Saya dapat alamat proxy yang berlokasi di Australia. Artinya koneksi lewat situ tidak akan lewat Taiwan. Benar saja, ketika saya menggunakan proxy tersebut di browser saya, browsing ke hosting di USA jadi lebih cepat.

Nah, ketika koneksi Taiwan putus, saya kebetulan masih memakai proxy Australia tersebut. Jadi ketika teman sekantor kalang kabut karena tidak bisa mengakses web internasional, saya tenang-tenang saja karena browsing saya tidak terganggu. Kebetulan juga saya waktu itu masih menyimpan list alamat proxy Australia yang lain. Jadinya proxy tersebut saya bagi-bagi ke teman-teman dan kita semua sekantor akhirnya bisa internetan lagi dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

