Bikin SIM Ternyata Gampang

Baru bulan Mei kemarin SIM saya habis masa berlakunya. Kebetulan selama ini saya bekerja di Surabaya. Padahal SIM dan KTP yang selalu ada di dompet saya itu bikinan Jakarta (sebenarnya sih KTP Tangerang, tapi SIM-nya kan Polda Metro Jaya :) ). Alhasil beberapa kali saya terpaksa harus pulang ke Jakarta hanya untuk mengurus dua benda penting itu. Masalahnya, segala hal yang berbau birokrasi pemerintah bayangannya biasanya selalu menyusahkan baik dari segi waktu maupun biaya. Prosedur yang kurang jelas dan berbelit sampai durasi proses yang tidak pasti kecuali menyediakan biaya extra atau ‘service charge’ tentunya. Bikin malas setiap kali waktu expired tiba.

Tapi memang beberapa usaha untuk memperbaiki layanan masyarakat di bidang ini selalu ada. Dan yang saya akui usahanya paling baik dan sudah saya rasakan hasilnya adalah di kepolisian. Memang, sih, awalnya saya sempat heran. Sejak saya punya SIM sampai sekarang, yang namanya tempat ngurus SIM selalu beda. Bikin SIM dulu di Komdak, lima tahun kemudian saya perpanjang SIM di Daan Mogot. Dan ternyata bulan kemarin saya bisa bikin SIM dengan mudah di Polres Jakarta Selatan meskipun diawali dulu dengan cerita-cerita seru mengejar-ngejar mobil SIM keliling.

Ceritanya pagi itu saya baru datang dari Bandung dengan maksud memperbarui SIM. Berhubung pengalaman sebelumnya sudah lima tahun lampau, saya sebelumnya harus cari-cari informasi dulu. Tapi ternyata informasi yang saya dapat beragam. Ada yang bilang di Polres dan ada yang bilang di mobil SIM keliling lebih cepat. Yang jelas bayarnya sama-sama tidak mahal. Akhirnya saya memilih SIM keliling dan mencoba mencari informasi lokasinya dari siaran radio. Dapat. Penyiarnya bilang, posisi SIM keliling ada di komplek DPR di Kalibata. Saya pun meluncur ke sana. Untungnya saat itu tidak begitu macet. Kebetulan juga disupiri jadi mungkin macetnya yang saya tidak terasa :) Akhirnya sampailah saya di Kalibata. Keliling-keliling mobil SIM keliling itu juga tidak segera tampak. Menyerah, diputuskan untuk tanya-tanya. Lha kok ternyata mobil SIM kelilingnya sudah tidak ada. Lho, kirain mobil SIM keliling itu nongkrong di satu tempat yang sama dalam sehari. Ternyata tidak. Setelah dari Kalibata, mobil itu pindah ke depan Ambasador. Berhubung saya nanti harus pulang ke Bintaro, malas lah mengejar itu mobil. Saya kemudian memilih untuk mencoba Polres Jakarta Selatan saja di dekat Wijaya. Karena searah juga dengan jalan pulang.

Sampai di sana timbul masalah baru. Kembali muncul persepsi ruwet dan tidak jelasnya proses pengurusan SIM. Padahal saya terdesak waktu harus segera pergi lagi. Akhirnya, persis seperti informasi yang saya dapatkan sebelumnya, di pintu masuk sudah ada petugas yang menawarkan bantuan. Karena terburu-buru saya terimalah tawarannya karena biaya yang disebutkan juga saya anggap tidak terlalu dilebih-lebihkan. Dipandu oleh seorang anak buahnya, akhirnya saya mondar-mandir di Polres Jakarta Selatan untuk mendaftar, antri foto dan akhirnya mengambil hasilnya yang ternyata loketnya bersebelahan, tidak terlalu antri dan nunggu selesainya juga benar-benar tidak lama!

Sebenarnya saya pingin menyesal karena sudah memakai jasa bantuan yang sebenarnya tidak benar-benar diperlukan itu. Khawatir pula biaya yang disebutkan tadi terlalu mahal sampai saya tidak bertanya-tanya lagi berapa sebenarnya biaya yang harus dibayarkan. Sejak awal menerima tawaran bantuan itu saya sudah bersiap-siap menyesal supaya tidak terlalu menyesal nantinya. Jadi tadi punya alasan lain kenapa sampai mau pakai jasa bantuan. Ya, supaya tahu aja kalau pakai bantuan itu gimana. Norak, ya. Anyway, bagaimanapun juga pengalaman saya itu akhirnya bermanfaat buat ibu saya yang sebulan kemudian juga harus mengurus SIM. Beliau jadi punya referensi yang lebih tepat dan akurat untuk itu. Yah, namanya juga penulis cerita. Setiap pengalaman pasti bermanfaat. Minimal buat bahan cerita :)

Tag:

22 Komentar to “Bikin SIM Ternyata Gampang”

  1. Mas……….Polres Jakarta Selatan itu di mana yak..??

  2. polres jakarta selatan di daerah wijaya. dari arah blok m plasa – panglima polim – traffic light (kalo nggak salah traffic light kedua) – belok kiri ke arah wijaya, polres jaksel sebelah kanan nggak jauh dari traffic light itu.

  3. Bikin SIM (urus sendiri) ama nembak…biayanya berapa ya???

  4. bikin sim tanpa pungli
    tarif sim 75, n kata pungli ganti aja dgn kalimat sedekah wajib buat orang miskin[polisi yg kecil gajinye or kemarukan, makanye kalo mau kaya jangan jadi polisi biar ga korup] 50 ribu jadi kite ga dosa malah dapet pahala sedekah githu loch

  5. pak polres(bikin sim umur 15 thn bisa nembak klou bisa qu pgn donk
    soal qu penting utk kemana mana waktu tuch saya sering di tilang tapi saya perlu sim A )TRMKSH?<?<?<?

  6. ‘BENAHI JAKARTA” NYOKK…..Huhuhu …janji doang …gimana mau dibenahi alau aparatnya nggak dibenahi dulu….Saya muak sekali dg birokrasi di negeri ini..bikin KTP/SIM sebenarnya gampang tapi sengaja dipersulit…bagaimana ini BAPAK FOKE?????…….

  7. beaya 75 ribu, belum biaya test kesehatan , sidik jari bayar juga, UUD juga (ujung2nya duit)

  8. bisa ga saya dibantu bikin sim sama anda…..?

  9. Hay rinto, temen kuliahku nih…

    Sebenarnya untung di jakarta masih ada peluang perpanjang SIM dengan cepat di SIM keliling, kmu cuman kurang jeli aja hunting posisi mobil SIM kelilingnya..

  10. saya sih tidak percaya dengan POLISI.
    Masuknya saja bayar,gimana mau menegakkan HUKUM kalo POLISI saja tidak bisa menegakkan WIBAWAnya sendiri.
    Ga tau MALU tu POLISI Indonesia,perutnya buncit2.gimana mau lari.
    Tau diri donk,melayani masyarat atau merampok masyarakat??

  11. Allow Desember nanti saya akan perpanjang SIM kira2 bisa nga infonnya Biaya menggunakan Jasa Polisi juga dengan langsung di loket perbedaaannya berapa? Terima Kasih

  12. mas mau tanya dong..di polres jak sel itu untuk perpanjang aja yah..untuk buat baru bisa atay tidak?
    trims…

  13. Bikin sim gampang bagi yg banyak duit dan tahu caranya.
    Sekarang jamannya pake duit,mo apa2 pake duit.

  14. Memang faktanya begitu mau diapain, the man
    behind the ………. cari SIM aja susah apalagi ngurus yg lain. Inilah tantangan Polri utk lbh mendengarkan keluh kesah rakyat yg butuh
    SIM, katanya akan ada perbaikan pelayanan pd
    publik lbh profesional & Simpatik.Dirgahayu
    Bhayangkara-ku pd usia 63 tahun, apakah harus begini terus ..? kalau nggak bisa jaga
    image, diambil instansi lain lho ?

  15. “SIM hilang”. Untuk mengurus yang baru apa syaratnya dan apa bisa di SIM keliling . Trims.

  16. I think that everything wrote made a bunch of sense.
    But, consider this, what if you were to write a awesome headline?
    I am not saying your content isn’t solid, but what if you added a post title that grabbed a person’s attention?
    I mean Bikin SIM Ternyata Gampang | Blog Your Thoughts! is
    a little boring. You should glance at Yahoo’s home page and note how they create post titles to grab people interested. You might add a related video or a related pic or two to grab readers interested about everything’ve
    written. Just my opinion, it might bring your posts a little livelier.

  17. “Bikin SIM Ternyata Gampang | Blog Your Thoughts!” was a extremely
    excellent blog, . Continue authoring and I’ll try to continue to keep reading through! I appreciate it -Kandi

  18. It’s the best time to make some plans for the longer term and it’s time to be happy.
    I’ve read this publish and if I may I wish to counsel you some interesting issues or suggestions. Maybe you could write subsequent articles relating to this article. I want to learn more issues approximately it!

  19. It is the best time to make some plans for the future and it
    is time to be happy. I’ve read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or tips. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  20. Hello there, I discovered your web site by means of Google whilst looking for a comparable topic, your website came up, it looks good.
    I have bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, just turned into alert to your blog thru Google,
    and located that it’s truly informative. I am gonna watch out for brussels. I will be grateful in the event you proceed this in future. Lots of folks might be benefited from your writing. Cheers!

  21. Since the admin of this site is working, no doubt very shortly
    it will be renowned, due to its feature contents.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: